Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Asuransi

Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Asuransi

Asuransi mengembangkan misi ekonomi dan sosial. Produk asuransi digunakan untuk berjaga-jaga terjadi resiko kemudian hari. Banyak hal yang dijanjikan dari asuransi, Anda harus cermat dalam menanggapi tawaran para sales. Salah memilih, Anda akan mengalami kerugian. Sebelum membeli asuransi, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan asuransi. Sambil memikirkan ulang apakah asuransi masuk dalam kebutuhan prioritas.

Keunggulan dan Kelemahan Dari Asuransi Yang Wajib Anda Tahu

1. Asuransi Untuk Tabungan Esok Hari

Ketika berada di usia produktif, waktu yang tepat untuk bekerja sekeras mungkin. Memiliki pendapatan sendiri dan bebas mengelola pendapatan. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu tabungan di hari tua. Anda perlu mempersiapkan dana cadangan masa depan, terutama untuk kesehatan. Sebagian pendapat bisa Anda alihkan untuk asuransi. Mengingat asuransi menawarkan jaminan perlindungan saat terjadi resiko.

2. Membantu Pengelolaan Keuangan

Asuransi memiliki biaya premi yang harus dibayarkan, setiap bulannya bahkan setiap tahun. Besaran premi disesuaikan dengan produk asuransi yang diambil, tergantung kebijakan perusahaan asuransi juga. Adanya tanggung jawab premi, secara tidak langsung membantu Anda menyisihlka sekian persen pendapatan. Hal ini bisa untuk membatasi Anda mengeluarkan uang untuk membeli barang konsumtif dan tidak berguna.

Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Asuransi

3. Bisa Memindahkan Resiko

Memiliki asuransi sama saja Anda memindahkan resiko ke perusahaan asuransi. Dengan membayar premi yang relatif kecil bila dibandingkan kerugian resiko. Saat terjadi resiko, Anda bisa melakukan klaim kepada perusahaan terkait. Besaran klaim akan dibayarkan langsung oleh perusahaan. Sesuai perjanjian, klaim dibayarkan penuh tidak ada pengurangan biaya apapun.

4. Dana Hangus Bila Berhenti Di Tengah

Dalam asuransi ada sistem dana hangus. Nasabah yang tidak bisa membayar premi di tengah jalan, tidak lagi bisa melakukan klaim. Inilah kekurangan asuransi, nasabah yang macet tidak mengalami refund. Hak yang dimilikinya akan diambil perusahaan asuransi secara penuh. Sistem ini cukup merugikan para nasabah. Sudah uang hilang, tidak mendapatkan manfaat apapun dari produk asuransi.

5. Dana Premi Masuk Keuntungan Perusahaan

Perlu Anda ketahui, hal yang membuat rugi dalam asuransi ialah dana premi yang menjadi keuntungan perusahaan. Tidak perlu mengantongi izin dari Anda, selaku nasabah, pihak perusahaan memiliki dana premi secara otomatis. Ini terlihat tidak adil, karena timpang antara nasabah dan perusahaan. Memang nantinya nasabah akan mendapat dana klaim, tapi selama itu nasabah tidak tahu kemana dananya diputar.

6. Lingkup Pengajuan Klaim Terbatas

Diantara kelebihan dan kekurangan asuransi, resiko nasabah sering terjadi sewaktu-waktu. Sesuai perjanjian, harusnya perusahaan membayar klaim sejumlah kesepakatan awal. Terbayarnya ganti rugi, jika Anda benar-benar mengalami masalah atau kerugian. Namun, tidak di semua tempat Anda bisa mengajukan klaim. Bila nasabah memiliki Fire Insurance tetapi kerusakan terjadi karena gempa, makan otomatis klaim tidak akan dibayarkan. Karena jauh dari kesepakatan awal.

7. Tidak Ada Pengawasan Dewan Syariah

Kekurangan asuransi karena tidak diawasi oleh Dewan Syariah. Asuransi terlihat kurang meyakinkan, dianggap kurang dalam melindungi nasabahnya. Kesepakatan asuransi adalah jual-beli, bukan konsep tolong-menolong. Produk yang ditawarkan masih dipertanyakan kejelasannya. Apakah nasabah tidak dirugikan atau diberikan manfaat sesuai perjanjian polis. Dana yang dikelola perusahaan belum tau memberi dampak sosial atau tidak.

Dari beberapa penjelasan diatas, Anda bisa mempertimbangkan kembali dalam membeli produk asuransi. Anda diharapkan bijak dalam memilih sesuai kebutuhan. Apakah asuransi masuk jadi prioritas Anda atau tidak. Jika untuk mengubah pola hidup agar tidak boros, asuransi bisa menjadi tabungan. Anda dituntut bertanggung jawab mengisi tabungan dengan adanya premi. Tabungan ini akan berguna di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *