Yuk Simak 6 Tips Memilih Asuransi Agar Tidak Salah Pilih

Yuk Simak 6 Tips Memilih Asuransi Agar Tidak Salah Pilih

Produk asuransi sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki, baik untuk tabungan di masa tua atau untuk resiko kesehatan. Anda diharuskan memilih asuransi yang tepat dan disesuaikan kebutuhan masing-masing. Apalagi sekarang perusahaan asuransi menawarkan bermacam produk untuk meminimal resiko. Agar asuransi dapat Anda manfaatkan secara tepat dan maksimal, yuk simak tips memilih asuransi berikut ini.

Cara Cerdas Memilih Asuransi Agar Tidak Salah Langkah

1. Identifikasi Prioritas Kebutuhan dan Kemampuan

Setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing, diantara banyak kebutuhan pasti ada yang dijadikan prioritas. Ada baiknya Anda membuat daftar prioritas, dari daftar ini Anda akan menemukan kebutuhan asuransi sejauh mana. Perlu diketahui bahwa membeli asuransi termasuk intangible (tidak terlihat) namun efeknya bisa dirasakan seumur hidup. Pertimbangan awal perlu dilakukan secara matang, termasuk mempelajari resiko kerugian dari premi.

2. Pastikan Perusahaan Asuransi Memiliki Reputasi yang Baik

Perusahaan asuransi yang baik memiliki rekam jejak dan reputasi berkualitas. Hal ini penting karena perusahaan asuransi mempunyai tanggung jawab besar terhadap produk asuransi yang dijualnya. Perusahaan yang sudah berdiri lama dan dikenal responsif, biasanya berpengalaman meminimalisasi resiko kerugian. Produk asuransi yang ditawarkan sebanding, antara premi yang dibayarkan dengan klaim. Kebanyakan pelayanan perusahaan sangat profesional.

Yuk Simak 6 Tips Memilih Asuransi Agar Tidak Salah Pilih

3. Memilih Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan

Sebelum memilih produk asuransi mana yang akan Anda beli, pertimbangkan dulu kebutuhan yang diperlukan. Hal ini mempermudah Anda dalam menemukan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Teliti juga detail manfaat yang Anda peroleh agar efek positif asuransi lebih terasa. Pastikan asuransi yang dipilih bisa mengcover seluruh kebutuhan Anda. Tentunya dengan pembayaran premi sesuai dengan polis asuransi pilihan.

4. Menyusun Anggaran Asuransi dari Sisa Pendapatan

Ketika Anda membeli asuransi, maka akan dikenakan pembayaran premi. Jangka pembayaran bisa bulanan, tiga bulanan, atau tahunan. Yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan premi dengan pendapatan yang Anda peroleh. Telitilah dalam membaca polis dan pilih premi sesuai dengan anggaran keuangan yang Anda sepakati. Tidak perlu terburu, karena bukan sebuah keharusan memiliki asuransi. Jika memang kebutuhan sudah terpenuhi, sisa pendapatan bisa Anda alokasikan ke asuransi.

5. Memastikan Agen Asuransi Berlisensi AAJI

Tips memilih asuransi lain , saat Anda hendak membeli produk asuransi. Anda akan dihadapkan dengan agen resmi yang menawarkan produk. Hal ini menjadi penting, karena agen memiliki taggung jawab besar terhadap produk asuransi yang dijual. Anda perlu menanyakan keanggotaan AAJI, setiap agen resmi terdaftar dan memiliki kartu AAJI yang bersifat sementara maupun berlisensi penuh. Karena hal ini berefek pada saat terjadi klaim. Dan agen resmi akan membantu klaim secara langsung.

6. Melakukan Pembandingan Produk Asuransi dengan Lainnya

Untuk memilih produk asuransi terbaik, Anda luangkan waktu untuk mencari informasi produk satu dengan lainnya. Itu hak Anda untuk mencari info dan melakukan pembandingan. Mintalah beberapa perusahaan asuransi yang menawari Anda untuk membuatkan ilustrasi. Mulai dari premi wajib, resiko kerugian, dan prosedur klaim saat mengajukan. Hasil perbandingan ini akan menentukan asuransi mana yang sesuai kebutuhan dan sesuai dengan pendapatan.

Dengan mempelajari hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih asuransi, tentu akan membantu Anda memiliki produk asuransi terbaik. Pilih perusahaan asuransi yang paham kebutuhan Anda. Anda harus membangun kepercayaan antara Anda, agen resmi, dan perusahaan asuransi. Apabila belum tertarik untuk menggunakan asuransi anda bisa menabung untuk kebutuhan mendadak dan juga kemungkinan risiko di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *