Yuk Kenali Gejala Awal Pada Orang Yang Terinfeksi Virus Corona

Yuk Kenali Gejala Awal Pada Orang Yang Terinfeksi Virus Corona

Sampai saat ini pandemi Covid-19 tak kunjung usai dan semakin hari korban semakin berjatuhan. Sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ini maka penting bagi kita semua untuk mengenali gejala infeksi virus Corona terutama tanda awal yang muncul di minggu pertama setelah orang itu terpapar virus. Berikut beberapa tanda awal dari orang yang yang terpapar virus dan perlu anda ketahui.

Tanda-Tanda Dari Infeksi Virus Corona

1. Batuk Dan Pilek

Batuk disini artinya jika seseorang mengalami batuk yang yang berkepanjangan hingga 24 jam dan tidak ada penurunan. Biasanya, batuk kering dan terjadi terus-menerus, secara lebih dari tiga kali 24 jam. Jika anda mengalami sakit ini ditengah masa pandemi maka sebaiknya anda melakukan isolasi mandiri dan periksa ke dokter untuk mengetahui apakah anda terpapar virus atau tidak.

Kenali Gejala Awal

2. Demam Tinggi

Salah seorang kelompok kerja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia yaitu Dr. Erlina mengatakan , sejak awal wabah virus Corona, tanda awal yang paling umum dan banyak dialami oleh pasien mencapai 98%, ialah demam tinggi di atas 38,5 derajat celsius. Meskipun virus itu telah mengalami mutasi tapi sebagian orang rentan sehingga perlu mewaspadai diri dan curigalah jika sudah mengalami demam tinggi.

3. Kekuatan Indera Pengecap Berkurang

Tanda awal yang ditunjukkan oleh orang yang terinfeksi virus Corona adalah berkurangnya indera pengecap. Jika anda mengalami kondisi ini maka harus dicurigai bahwa terdapat gangguan pada fungsi tubuh yang disebabkan oleh infeksi virus Corona. Perhatikan diri sendiri, jika dirasa tidak bisa atau berkurang kemampuan memilah rasa makanan yang dikonsumsi dan terjadi dalam waktu lebih dari 24 jam maka tandanya anda terinfeksi virus Corona.

4. Sakit Tenggorokan

Persoalan sakit tenggorokan umumnya bisa dirasakan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Seorang ahli gizi yang bernama Dr Tan Shot Yen M.Hum mengatakan jika mengalami sakit tenggorokan hanya di pagi hari, bisa jadi keluhan itu hanya bersifat sesaat saja. Hal itu bisa terjadi karena ketika sedang tidur anda terlalu banyak menghirup udara yang tanpa disadari dapat membuat tenggorokan kering.

Kenali Gejala Awal Serangan Jantung

Akan tetapi jika anda mengalami keluhan gangguan sakit tenggorokan kering secara terus-menerus selama beberapa hari, maka anda perlu mewaspadainya. Dikhawatirkan anda sudah terinfeksi virus Corona sehingga anda harus melakukan isolasi mandiri agar tidak menular pada orang lain. Karantina dapat dilakukan selama 14 hari di dalam rumah dan menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain.

5. Mata Merah

Kondisi terbaru yang ditemukan oleh para ilmuwan China pada pasien yang terinfeksi virus Corona yaitu conjunctivitis yaitu inflamasi atau infeksi yang terdapat pada membran transparan (conjunctiva) di mata. Ketika conjunctiva terjadi maka pembuluh darah terinflamasi sehingga menimbulkan kondisi mata merah dan mengeluarkan air. Dari 38 pasien positif Covid, ditemukan sebanyak 12% mengalami conjunctivitis.

Pada dua mata pasien, virus Corona terdeteksi di cairan mata dan hidung. Seorang dokter di China yaitu Dr. Liang Liang yang merupakan ilmuwan dari departemen oftalmologi china mengatakan bahwa pasien yang memiliki gejala pada mata maka virus akan terdeteksi pada air mata pasien tersebut. Kemungkinan besar virus Corona tersebut telah menyerang area mata pada pasien yang mengidap pneumonia akut.

Itulah beberapa tanda yang ditunjukkan oleh orang yang terinfeksi virus Corona. Ditengah masa new normal seperti saat ini pastikan anda selalu memperhatikan kebersihan sekitar anda dan selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berada di luar rumah. Sebagai warga negara yang baik anda juga harus mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah agar terhindar dari virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *