Yuk Intip 4 Macam Strategi Dari Integrated Marketing Communication

Yuk Intip 4 Macam Strategi Dari Integrated Marketing Communication

Di dalam dunia bisnis , tentu saja anda harus menerapkan berbagai macam strategi yang mampu untuk membuat anda bisa sukses di bisnis tersebut. Pada umumnya, setiap perusahaan selalu berlomba lomba untuk menerapkan berbagai macam strategi agar bisnisnya menjadi sukses. Strategi dari pemasararan yang teintegrasi sering kali juga disebut dengan integrated marketing communication. Untuk mengetahui strategi dari IMC ini simak ulasannya berikut.

Beragam Jenis Strategi Dari IMC Yang Bisa Dilakukan Untuk Perusahaan Anda

1. Interactive Marketing

Proses pemasaran marketing secara interaktif ini tentu saja menjadi salah satu strategi yang cukup ampuh bagi kalangan pebisnis. Pasalnya ketika anda menjalankan strategi ini, maka perusahaan anda pun nantinya juga akan lebih dekat dengan konsumen. Salah satu interactice marketing yang dijalankan oleh perusahaan adalah customer service center.

Melalui customer service ini, tentu saja konsumen akan mampu untuk bertanya lebih jauh mengenai produk ataupun brand yang sedang dipasarkan oleh perusahaan anda. Selain itu, dengan adanya customer service ini, pelanggan pun nantinya akan lebih mudah untuk memberikan keluhan atas kekurangan dari barang yang telah diterima oleh pelanggan tersebut. Pada umumnya, kegiatan satu ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa, contohnya seperti jasa internet ataupun jasa pinjaman.

Yuk Intip 4 Macam Strategi Dari Integrated Marketing Communication

2. Sales Promotion

Selain itu, kegiatan ataupun strategi satu ini pun sangat ampuh dilakukan bagi para pegiat bisnis. Masalahnya, banyak sekali konsumen yang tertarik dengan berbagai macam produk yang ditawarkan ketika produk tersebut dalam keadaan diskon. Promo buy 1 get 1 tentunya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Sehingga ketika perusahaan melancarkan sales promotion, tak sedikit dari pelanggan yang akan tertarik.

Hal ini pun juga diungkapkan oleh Belch di dalam bukunya yakni Advertising and Promotion. Dimana pada buku tersebut diungkapkan bahwa sales promotion merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik pembelian atau menambah penjualan secara cepat. Sehingga strategi satu ini tentu saja akan menjadi poin tambahan dari pelanggan yang akan membuat mereka ingin membeli produk dari perusahaan anda.

3. Iklan

Strategi dari Integrated Marketing Communication satu ini merupakan bentuk kegiatan pemasaran yang sudah akrab dan tidak asing lagi. Dengan adanya iklan, merupakan suatu bentuk informasi tentang sebuah jasa ataupun barang yang ditampilkan melalui berbagai jenis platform media massa, baik itu media cetak maupun media elektronik serta baik itu media online ataupun media offline.

4. Direct Selling

Selain itu, ada pula strategi lain yang bisa untuk anda lakukan guna memasarkan produk. Salah satunya adalah melalui direct selling, dimana cara ini merupakan sebuah metode yang berguna untuk memasarkan brand kepada konsumen dengan bertatap muka secara langsung. Hal ini biasanya akan sering kali untuk anda temui pada lokasi distribusi, seperti supermarket, toko dan sebagainya.

Sehingga ketika anda melakukan kegiatan promosi satu ini maka perusahaan tersebut akan menugaskan pegawainya untuk mendatangi calon konsumennya secara langsung. Dengan begitu, nantinya anda pun juga mampu untuk menjelaskan secara lebih detail mengenai produk yang sedang anda tawarkan. Serta anda pun juga mampu untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen anda.

Begitulah beberapa kegiatan dari IMC yang bisa untuk dilakukan oleh perusahaan anda. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, maka nantinya anda pun juga bisa memasarkan berbagai produk dari perusahaan anda tersebut dengan berbagai macam media , baik itu secara online maupun secara offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *