Yuk Berdonasi, Berikut 6 Program Dompet Duafa untuk Melawan Corona

Yuk Berdonasi, Berikut 6 Program Dompet Duafa untuk Melawan Corona

Virus Corona berdampak sangat banyak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya menimbulkan tingkat kematian yang begitu tinggi, Covid-19 juga berhasil membuat kemerosotan ekonomi pada negara di berbagai belahan dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. Banyak penduduk Indonesia yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi virus tersebut. Oleh karena itu, yuk ikut berdonasi melalui program dompet duafa untuk melawan Corona.

Indonesia Siap Siaga Bersama Lawan Corona

1. Layanan Medis Door to Door untuk Fakir Miskin

Tim Cegah dan Tangkal Corona memulai inovasi layanan Mobile Health Service atau MHS. Ini merupakan sebuah layanan medis keliling untuk orang yang kurang mampu. Dengan bermodalkan satu ambulans dan berbagai peralatan serta obat kesehatan, mereka berkeliling untuk melayani masyarakat. Untuk tahap awalnya, MHS tersebut ditujukan untuk orang lanjut usia yang kurang mampu, karena orang lanjut usia lebih rentan atau berisiko tertular Covid-19.

Duafa untuk Melawan Corona Pelatihan BARZAH

2. Pembagian APD untuk Tenaga Medis

APD atau alat perlindungan diri merupakan senjata perang bagi tenaga medis. Dalam beberapa jam penggunaannya, APD tersebut harus diganti. Oleh karena itu para tenaga medis sangat membutuhkan alat perlindungan diri tersebut. Dengan program cekal atau cegah dan tangkal Corona, diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan APD bagi para tenaga medis. Uang dari para donatur digunakan untuk membeli APD, Hygient Kit, serta dukungan multivitamin.

3. Fasilitas Cuci Tangan di Beberapa Titik Keramaian

Dalam menghadapi era new normal, masyarakat diminta untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun setiap pergi ke luar rumah. Namun tidak semua tempat menyediakan fasilitas cuci tangan, terlebih di tempat umum yang terbuka. Oleh karena itu, tim program cegah dan tangkal corona, melalui Distater Management Center berupaya memasang hand wash station yang di lengkapi dengan sabun di setiap sudut keramaian.

4. Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Bagi Tenaga Medis

Selanjutnya melalui program cegah dan tangkal Corona, Badan Pemulasaraan Jenazah atau Barzah memberikan pelatihan khusus mengenai cara pemulasaraan Covid-19 pada tenaga medis di Rumah Sakit Anak & Bunda Harapan Kita. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh dokter serta perawat rumah sakit tersebut. Namun hanya terdapat 20 kursi untuk peserta yang bisa mengikuti pelatihan secara langsung, sedangkan yang lainnya mengikuti pelatihan melalui webinar.

Karena pelatihan ini berkaitan dengan perlakuan terhadap jenazah di tengah wabah yang ekstrim. Maka pemaparan pelatihan diselenggarakan dengan menggunakan dua sudut pandang. Yaitu dari sudut pandang fikih dengan dikomandoi oleh Ustadz Madroi, selaku manajer Barzah yang akan menjadi petugas penanganan jenazah. Dan melalui sudut pandang medis, yang akan dipimpin oleh dr. Dimas Dwi Saputro.

5. Pembagian Sembako untuk Masyarakat yang Kurang Mampu

Salah satu kegiatan lain dari program cegah tangkal Corona, yaitu pembagian sembako kepada pada kaum duafa dan kelompok rentan. Kelompok rentan ini merupakan masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, sperti kelompok lansia, pekerja harian, pedagang asongan, pekerja serabutan, dan lain sebagainya yang terdampak secara sosial ekonomi.

Duafa untuk Melawan Corona

6. Penyemprotan Disinfektan di Beberapa Fasilitas Umum

Program cegah tangkal Corona melalui Tim Disaster Management Center atau DMC, melakukan aksi penyemprotan di beberapa titik area umum. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Selain itu, beberapa di antaranya juga adalah permintaan dari warga setempat. Masyarakat pun ikut merasa senang dengan kehadiran program tersebut.

Itulah beberapa kegiatan dari program cegah tangkal Corona. Semua kegiatan ini dilakukan sebagai bantuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Dan berbagai aktivitas ini tidak dapat dilakukan tanpa bantuan para donatur. Maka dengan berdonasi di sini, anda dapat membantu para tenaga medis, orang-orang yang membutuhkan setelah terimbas efek Corona, serta semua lapis masyarakat di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *