Virus Corona Varian Baru, Cermati Langkah Berikut Supaya Anda dan Keluarga Tetap Aman

Virus corona merupakan virus yang menyebabkan penyakit saluran napas. Yang mana penyakit tersebut dapat menular dari orang yang satu ke lainnya. Dilansir dari Kompas.com, kini virus tersebut memiliki varian yang baru di Inggris. Yang mana virus corona varian baru ini lebih cepat menular daripada yang aslinya, untuk itu peting bagi kita untuk selalu berhati-hati.
Berikut Langkah-Langkah Untuk Menghindari Anda Dan Keluarga Dari Ancaman Virus Corona
1. Rajin Mencuci Tangan
Mencuci tangan adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mencegah penyebaran virus corona. Cucilah tangan sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Seperti menggunakan air mengalir, sabun, dan cuci sampai sela jari-jari tangan kurang lebih 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan di cuci hingga bersih sampi pada punggung tangan.
Jika anda diharuskan untuk keluar rumah, maka siapkan hand sanitizer, karena pastinya akan sulit menemukan air. Produk yang disarankan ialah yang mengandung alkohol minimal 60% agar lebih efektif untuk membunuh kuman. Karena jika anda keluar akan lebih mudah terpapar, apalagi transportasi yang digunakan adalah transportasi umum.
2. Menggunakan Masker
Terdapat dua jenis masker yang dapat anda gunakan, yakni masker bedah atau masker N95. Banyak dari orang menggunakan masker kain untuk menjaga diri, namun masker kain tersebut tidak terlalu efektif, karana menurut beberapa penelitian, virus tersebut dapat bertahan kurang lebih 8 jam pada kain. Oleh karena gunakan masker yang penggunaannya teruji.
Selain itu gunakan masker secara benar, jangan sampai terbalik seperti bagian luar masker digunakan menghadap wajah, tidak menutup hidung dan lain sebagainya. Meskipun masih kurang efektif untuk mencegah kuman, namun penggunaan masker dapat menurunkan resiko penyebaran infeksi maupun virus corona.
3. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Daya tubuh yang kuat menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko terpapar virus tersebut. Untuk itu selalu menjaga pola makan, istirahat yang teratur, serta mengonsumsi makanan yang sehat. Misalnya, sayur-sayuran, buah, makanan yang mengandung protein dan lain-lain. Untuk tetap berjaga-jaga usahakan memasak makanan sendiri di rumah.
4. Membersihkan Rumah Secara Rutin
Seperti yang kita ketahui, bahwa tempat yang kotor merupakan tempat berkembangnya bakteri dan virus-virus. Selain itu virus corona varian baru juga, sama dengan yang aslinya dapat bertahan hidup berjam-jam pada permukaan benda. Maka dari itu sangan penting bagi kita semua untuk menjaga kebersihan rumah ataupun lingkungan untuk memutus mata rantai virus ini.
5. Menerapkan Sosial Distancing
Sosial distancing adalah salah satu cara yang paling ampuh agar anda dan keluarga terhindar dari virus ini. Usahakan agar untuk tidak berpergian ke luar rumah, kecuali ada keperluan mendesak. Karena jika keluar tentunya sangat sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain. Terlebih lagi jika orang tersebut tidak menggunakan masker.
Pembatasan fisik juga perlu dilakukan, dengan cara menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Selain itu juga perlu menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit. Karena kita tidak tahu penyebab atau gejala apa yang mereka alami tersebut. Kemudian ketika anda kembali ke rumah usahakan untuk membersihkan diri sebelum bertemu anggota keluarga lain.
Beberapa hal di atas sangat penting untuk anda lakukan agar keluarga dan orang lain terhindar dari resiko penyakit yang disebabkan virus tersebut. Selain memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan anda perlu menerakan hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *