Tips Merawat Mesin Cuci Otomatis

Tips Merawat Mesin Cuci Otomatis

Sebagian besar dari kita mengandalkan mesin cuci untuk membantu melakukan salah satu tugas yang membosankan yaitu mencuci pakaian. Dari pakaian biasa seperti kaos, atasan, celana hingga pakaian yang lebih berat seperti seprai dan gorden, mesin ini telah membuat hidup kita lebih mudah dan lebih baik. Oleh karena itu, masuk akal untuk menjaga mesin ini tetap dalam kondisi baik. Perawatan mesin cuci biasa sangat membantu mesin-mesin ini bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga agar mesin cuci tetap awet adalah dengan mengikuti panduan pemakaian yang tepat. Panduan tentang cara mencuci baju di mesin cuci otomatis sudah tertera pada buku panduan pemakaian yang didapatkan ketika membeli mesin cuci. Selain itu, berikut adalah tips perawatan mesin cuci lainnya yang dapat membantu anda merawat alat anda dengan lebih baik.

1. Deep cleaning

Pembersihan pada bagian dalam mesin cuci penting untuk dilakukan. Masalah mesin cuci terjadi dan peralatan mulai kehilangan efisiensinya setelah digunakan untuk jangka waktu tertentu. Anda mungkin memperhatikan bahwa pakaian anda tidak sebersih dulu ketika mesin baru. Alasan utama di balik ini adalah penurunan kualitas yang terjadi karena mikro-residu yang ada di dalam air. Dalam skenario seperti itu, anda harus membersihkan mesin anda lebih dalam. Gunakan pembersih mesin yang kuat yang mampu menghilangkan semua kerak tanpa merusak bagian logam dan plastik pada mesin cuci. Ini tidak berarti anda harus membeli pembersih mesin paling mahal di pasaran tetapi juga membeli yang termurah tidak disarankan. Poin utamanya adalah carilah yang berkualitas. Pembersihan ini juga jangan sampai melupakan bagian filter mesin cuci karena bagian tersebut yang rentan menjadi sarang menumpuknya kotoran.

cara mencuci baju di mesin cuci otomatis anda

2. Bersihkan karet gasket

Karet gasket adalah bagian penting dari mesin anda yang sering mengalami banyak kerusakan. Karet gasket membungkus ujung mesin cuci dan melindungi pakaian anda dari kerusakan. Baik itu beban depan atau mesin beban atas, sejumlah partikel debu mikro masuk setiap kali anda membuka pintu. Partikel-partikel debu ini biasanya berkumpul di tepi dan sisi paking. Hal tersebut adalah alasan anda harus membersihkan karet gasket secara teratur dengan kain lembab. Melakukannya seminggu sekali sudah cukup.

3. Lindungi bagian luar mesin cuci

Peralatan rumah tangga yang tampak baru dan bersih meningkatkan penampilan kualitas penampilan mesin cuci anda. Beberapa orang mengabaikan aspek ini dan tidak peduli untuk membersihkan bagian luar atau atas mesin cuci. Mesin cuci bagian depan adalah yang paling harus sering dibersihkan. Permukaan atas polos membuat magnet untuk berbagai macam hal dapat terlihat jelas menempel pada mesin cuci.

4. Lindungi dari tumpahan residu

Mesin cuci juga mengumpulkan residu dari tumpahan deterjen. Meskipun Anda berupaya menggunakan deterjen atau pelembut terbaik di pasaran, residu mereka menjadi lengket seiring waktu dan mulai berbau tidak sedap. Cara terbaik untuk membersihkan residu lengket ini adalah menyekanya dengan pembersih pencuci piring yang ringan.

cara mencuci baju di mesin cuci otomatis Kesalahan Menggunakan Mesin Cuci

5. Biarkan Pintu Terbuka

Jangan menutup pintu mesin cuci anda segera setelah menggunakannya. Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang saat menggunakan mesin. Melakukan hal ini adalah termasuk panduan cara mencuci baju di mesin cuci otomatis yang harus diperhatikan. Banyak orang berfikir menjaga pintu tetap terbuka akan membangun kotoran dan debu di dalam mesin. Ini benar sampai batas tertentu, tetapi ini tidak berarti bahwa anda harus segera menutupnya. Membiarkan pintu terbuka selama 15 hingga 30 menit untuk menghilangkan kelembaban dan mencegah jamur dan bakteri menumpuk di mesin anda. Proses ini juga dapat benar-benar mengeringkan bak dan melindungi bagian-bagian halus dari kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *