Tips Membuat Saus Yang Pedas Sendiri Di Rumah

Tips Membuat Saus Yang Pedas Sendiri Di Rumah

Masakan nusantara sudah begitu dikenal sebagai masakan yang kaya akan rempah sehingga memberikan cita rasa yang begitu beragam. Tetapi selain khas akan cita rasa yang beragam berkat penggunaan berbagai macam rempahnya, masakan nusantara juga cukup dikenal akan rasa pedasnya yang bagi orang asing bahkan dirasa terlalu pedas. Rasa pedas yang ada pada masakan nusantara mulanya benar-benar dari sambal, tetapi kini saus pedas juga sudah mulai banyak digunakan.

Saus bisa dikatakan sebagai sambal yang halus, karena pada dasarnya bahan-bahan pembuatannya cenderung sama. Hanya saja ada orang-orang yang kurang suka sambal, sehingga akhirnya muncullah saus. Orang-orang yang kurang suka sambal sendiri padahal bukan bermasalah tentang tingkat kepedasannya karena baik sambal maupun saus bisa diatur seberapa pedas, melainkan mereka tak suka sambal karena teksturnya yang masih kasar.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa pada dasarnya sambal dengan saus sama saja, hanya berbeda pada tekstur saus yang jelas lebih halus. Tetapi kiranya banyak orang yang tak mengira demikian. Itulah yang membuat banyak orang lebih memilih membeli saus instan di warung atau toko kebutuhan rumah tangga. Padahal seperti halnya dengan sambal, saus juga dapat dengan mudah dibuat di rumah.

Tips Membuat saus pedas

Bagi pembaca sekalian yang hendak membuat saus sendiri di rumah baik itu saus pedas, maka informasi tentang cara membuatnya di bawah ini kiranya tepat untuk disimak dengan baik. Adapun cara membuatnya yaitu diawali dengan menyiapkan bahan-bahan berikut ini terlebih dahulu.

1.5 sampai 6 buah tomat segar yang telah dicincang kasar
2.2 siung bawang bombay berukuran kecil maupun sedang yang dicincang kasar
3.3 sampai 5 buah cabai yang dicincang kasar
4.120 sampai 180 milliliter cuka masak
5.60 hingga 120 gram gula merah
6.½ sendok teh garam
7.Cuka masak secukupnya

Setelah bahan-bahan di atas siap, maka berikutnya tinggal masuk ke langkah-langkah pembuatannya. Adapun langkah-langkah pembuatannya antara lain sebagai berikut.

1.Campurkan tomat, bawang bombay, cabai, gula merah, dan juga garam sesuai takaran yang sudah disiapkan tadi ke dalam panci dengan 120 sampai 180 ml air.

2.Masak bahan-bahan diatas dengan api sedang dengan sesekali mengaduk-aduknya agar melebur menjadi satu sampai adonan saus mendidih

3.Masukan cuka masak yang berguna untuk membuat saus sambal tahan lama ketika sudah jadi, lalu kecilkan api dan masak kembali selama 15 sampai 20 menit hingga semua bahan tercampur dengan rata

Tips Membuat saus pedas

4.Setelah bahan-bahan telah selesai dimasak, langkah selanjutnya tinggal membuat saus lebih halus lagi dan lebih creamy dengan cara menghaluskan saus tadi dengan menggunakan food processor. Atau bisa juga dengan menggunakan blender hingga teksturnya lembut serta tampak agak kental.

5.Langkah terakhir yaitu masak kembali seluruh adonan saus sampai benar-benar matang agar cita rasa yang ada di dalam saus tersebut keluar dengan sempurna.

Saus sambal ini bisa anda masukan kedalam kulkas sehingga saus bisa tahan lama dan bisa digunakan sewaktu-waktu ketika anda sedang membutuhkannya. Itulah sedikit informasi tentang resep saus pedas. Semoga resep ini bermanfaat bagi anda para pembaca, terutama para wanita yang baru belajar memasak ataupun ibu rumah tangga yang anak-anak atau suaminya menyukai saus yang pedas. Sekarang tidak perlu khawatir lagi akan kandungan dan cara pembuatan saus sambal yang beredar dipasaran karena sekarang sudah bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang tentunya lebih higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *