Tak Hanya Mandi, Intip Protokol Masuk Rumah Saat Masa Pandemi

Tak Hanya Mandi, Intip Protokol Masuk Rumah Saat Masa Pandemi

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19, pemerintah telah menyusun berbagai protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh seluruh masyarakat. Pemerintah juga menganjurkan untuk tetap di rumah saja untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Oleh karena itu, guna mencegah penyebaran virus corona di dalam rumah, biasanya anda akan mandi untuk menghilangkan virusnya. Tetapi ternyata ada protokol yang harus dipatuhi setelah bepergian. Berikut ulasannya.

Protokol Masuk Rumah

1. Lepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

Ketika anda sampai di rumah, jangan lupa untuk segera melepaskan sepatu atau alas kaki lainnya. Jika biasanya anda membuka sepatu saat sudah masuk ke dalam rumah, namun sekarang buka sepatu sebelum anda memasuki rumah dan letakkan sepatu di rak sepatu yang ada di teras rumah. Bersihkan sepatu dengan menggunakan cairan disinfektan untuk membunuh virus dan bakteri yang dibawa dari luar rumah.

mandi Protokol Masuk Rumah Saat Masa Pandemi

2. Jangan Langsung Sentuh Apapun

Ketika sudah memasuki rumah, jangan menyentuh barang apapun yang ada di rumah. Cukup pegang ganggang engsel pintu saja ketika ingin masuk ke rumah. Jika biasanya ada anggota keluarga yang menghampiri untuk bersalaman atau cium tangan, maka sekarang tunda dulu. Lakukan kedua hal tersebut apabila kondisi tubuh anda telah bersih. Begitupun jika anda biasanya langsung makan, maka tahan dulu pastikan anda sudah terbebas dari kuman.

3. Bersihkan Semua Barang yang Dibawa

Selain sepatu yang anda bersihkan, sebaiknya bersihkan juga semua barang yang anda bawa atau anda pakai. Misalnya ketika anda pulang berbelanja, jangan lupa untuk membuang kantung belanjaan anda tersebut. Sebagai alternatifnya, anda bisa membawa sendiri tas belanja dari kain. Sehingga tas tersebut bisa dicuci lalu dipakai lagi. Cuci juga barang belanjaan anda, seperti buah, sayur, barang-barang lainnya yang sekiranya bukan makanan yang siap dimakan.

4. Lepas Pakaian dan Segera Cuci Pakaian Tersebut

Pakaian yang anda pakai dari luar rumah, berpotensi membawa berbagai jenis bakteri dan virus ke dalam rumah. Oleh sebab itu, sebaiknya anda langsung membuka pakaian anda dan langsung cuci menggunakan detergen dan air untuk membunuh kuman yang menempel. Usahakan untuk memisahkan antara pakaian yang anda kenakan ini dengan pakaian lainnya. Dengan tujuan agar kuman atau virusnya tidak menyebar ke pakaian lainnya.

Mandi Protokol Masuk Rumah

4. Bersihkan Diri dan Kenakan Pakaian yang Bersih

Sebelum anda melakukan aktivitas yang lainnya, maka segeralah membersihkan seluruh tubuh menggunakan sabun dan air yang bersih. Bersihkan seluruh tubuh anda mulai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki, termasuk menggosok gigi dan keramas. Sabun dan air yang anda gunakan bisa meluruhkan semua bakteri, kuman dan virus yang anda bawa dari luar rumah. Setelah itu baru keringkan badan anda menggunakan handuk yang kering dan bersih.

Setelah mandi badan anda akan terasa segar kembali, maka selanjutnya silahkan mengenakan pakaian anda yang bersih. Dengan begitu, anda baru bisa menyambut keluarga anda dan ikut berkumpul bersama mereka tanpa khawatir ada virus yang ikut terbawa. Apabila tidak ada air untuk membersihkan tubuh. Anda juga bisa membersihkan tangan dan kaki menggunakan semprotan antiseptik.

Meski terkesan ribet dan cukup memakan waktu yang lama, namun protokol satu ini perlu dilakukan demi melindungi orang tersayang anda dari ancaman virus corona yang mungkin anda bawa dari luar. Lakukan protokol ini tiap kali anda pulang dari aktivitas di luar rumah. Terapkan pula pada anggota keluarga yang lainnya. Karena tidak ada yang tahu virus apa yang akan dibawa ke dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *