Sudah Tahu Manfaat 6 Langkah Cuci Tangan? Simak Di sini

Sudah Tahu Manfaat 6 Langkah Cuci Tangan? Simak Di sini

Virus Corona yang telah dinyatakan pandemi ini telah menyerang hampir seluruh negara di Dunia. Hingga akhirnya dikeluarkanlah himbauan himbuan kesehatan untuk mencegah penyebaran virus ini yang salah satunya adalah cuci tangan. Sejak dulu sebelum pandemi ini muncul mencuci tangan dengan menggunakan sabun harus menjadi kebiasaan. Lantas apa manfaat dari 6 langkah cuci tangan yang disarankan oleh WHO? Simak ulasannya berikut.

Kenapa Harus Mencuci Tangan Sering Dengan Menggunakan Sabun?

Cuci tangan 6 langkah terdiri dari membasuh tangan terlebih dahulu menggunakan air mengalur. Kemudian menggunakan sabun pada telapak tangan terlebih dahulu dengan cara menggosoknya. Selanjutnya bagian punggung tangan kanan serta kiri dengan di gosok juga. Sela sela jari juga harus diperhatikan hingga semua busa sabun juga di sela jari. Bagian belakang jari dengan gerakan mengunci, jempol kanan digosok secara memutar pada kedua telapak bergantian.

mau tau 6 langkah cuci tangan ini

Jangan lupakan bagian ujung jari yang digosok memutar agar ujung jari juga bersih. Barulah kemudian dibilas menggunakan air bersih. Langkah langkah ini minimal dilakukan sekitar 20 detik saat mencuci tangan. Mungkin anda akan bertanya tanya, mengapa harus menggunakan sabun dan menggunakan 6 langkah cuci tangan tersebut. Hal ini karena di tangan kita tidak pernah tahu jika ada kuman yang menempel karena tangan sering bersentuhan.

Memegang banyak benda di berbagai tempat tanpa kita sadari dan bisa menjadi media penyebaran kuman dan juga virus. Jika tidak rajin mencuci tangan menggunakan sabun maka virus dan kuman tersebut akan masuk ke tubuh. Melihat akhir akhir ini virus Corona sendiri tidak berpindah melalui udara. Sehingga virus tersebut bisa menempel di benda yang kemudian dipegang tangan kita. Inilah mengapa harus menjadikan cuci tangan dengan sabun kebiasaan.

Manfaat Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun

Manfaat mencuci tangan dengan sering dan menggunakan sabun memang untuk tidak membiarkan tubuh terserang penyakit. Bukan hanya virus Corona, ada beberapa penyakit lain yang juga mengintai jika tidak menjaga kebersihan tangan kita. Mencuci tangan dengan sabun tidak sama dengan menggunakan air saja. Untuk itu cuci tangan cegah virus Corona dilakukan dengan sabun agar kuman dan virusnya bisa terbunuh dengan senyawa sabunnya.

ini 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Penyakit yang bisa dihindari dari mencuci sabun ada beberapa mulai dari yang ringan hingga yang serius. Gangguan kesehatan mata bisa terjadi jika anda memiliki tangan yang kotor. Ketika mata gatal banyak orang yang mengusap mata tanpa memikirkan apakah tangannya bersih atau kotor. Kebiasaan inilah yang nantinya bisa menimbulkan penyakit mata, untuk itu ada larangan untuk menjauhkan tangan dari wajah dalam mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu, tangan yang kotor juga akan mempengaruhi kesehatan pencernaan. Menyantap makanan dengan menggunakan tangan yang tidak terjamin kebersihannya akan membuat bakteri dan virus masuk ke tubuh. Selain itu gangguan sistem penceranaan juga bisa diminimalisir dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Itulah mengapa penting cuci tangan cegah virus Corona karena tangan kotor membawa patogen dan juga virus.

Dengan mengetahui cara dan manfaat dari mencuci tangan dengan sabun ini, diharapkan masyarakat lebih aware akan kebiasaan mencuci tangan. Sebab cuci tangan bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit dan juga virus yang masuk ke tubuh. Mencuci tangan dengan sering setelah beraktivitas akan meminimalisir tubuh anda terpapar virus Corona. Selain cara ini mudah, mencuci tangan juga murah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *