Sudah Tahu 7 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga? Simak Disini

Sudah Tahu 7 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga? Simak Disini

Masyarakat semakin sadar pentingnya sebuah perlindungan untuk kesehatan. Lebih mengerti akan manfaat yang didapat dari layanan asuransi. Hal tersebut disambut oleh perusahaan asuransi, menginovasikan dalam produk asuransi, salah satunya kesehatan. Banyaknya produk asuransi untuk kesehatan yang ditawarkan, membuat calon nasabah bingung memilih. Namun, Anda tak perlu khawatir. Berikut cara memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk keluarga Anda.

Tips Mudah Tentukan Asuransi Untuk Kesehatan Sesuai Kebutuhan

1. Ajukan Asuransi Ketika Sehat

Dalam asuransi untuk kesehatan dikenal dengan ketentuan ‘pre-existing condition’, kondisi penyakit yang sudah ada sebelum menjadi nasabah. Umumnya kondisi ini tidak ditanggung oleh pihak asuransi, tapi ada juga yang mau menanggung bila masih tergolong ringan. Jika Anda mengajukan diri dalam keadaan sakit, besar kemungkinan perusahaan menolak permohonan.

2. Mengajukan Asuransi saat Usia Muda

Perusahaan asuransi memiliki syarat untuk produk asuransi kesehatan. Selain kondisi sehat, usia calon nasabah juga diperhitungkan. Karena itu, Anda mulai ajukan asuransi sedini mungkin. Keuntungan lainnya, pertama, Anda menghemat karena membayar premi lebih murah. Kedua, saat usia muda resiko terkena sakit lebih kecil, sehingga kemungkinan menerima asuransi lebih besar.

Sudah Tahu 7 Cara Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga Simak Disini

3. Pilih Asuransi yang Mudah, Jangan Cash Plan

Anda memiliki hak untuk memilih produk asuransi yang mudah digunakan. Pillih asuransi dengan klaim cashless, yaitu tanpa mengeluarkan uang. Anda hanya perlu mengeluarkan kartu untuk melakukan pembayaran biaya kesehatan. Jangan pilih asuransi cash plan, jenis asuransi berdasarkan lama rawat inap. Sedangkan asuransi kesehatan yang baik, membayar keseluruhan klaim sesuai tagihan kesehatan.

4. Pilih Jenis Perawatan yang Dibutuhkan

Produk asuransi untuk kesehatan menawarkan banyak hal, mulai dari rawat ina, rawat jalan, kesehatan mata, kesehatan gigi, dan lain-lain. Tentu Anda akan memilih yang memiliki perawatan lengkap. Namun, Anda perlu tahu jika premi asuransi dengan perawatan lengkap lebih mahal. Oleh karena itu, Anda perlu pelajari lebih dulu mana jenis perawatan prioritas Anda. Penentuan yang matang juga mempengaruhi premi yang dibayar.

5. Mengetahui Kebutuhan Kesehatan Keluarga

Cara memilih asuransi kesehatan ialah mengetahui dengan baik resiko kesehatan setiap keluarga. Sebelum membeli asuransi, baiknya Anda tahu kondisi kesehatan keluarga dengan spesifik. Bisa dilihat dari hasil check-up atau memperhatikan keseharian. Hal ini memudahkan Anda memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan dan memperkirakan pengeluaran.

6. Belilah Premi Kesehatan Sesuai Keuangan

Banyaknya produk yang ditawarkan, Anda cukup pilih sesuai pendapatan Anda. Saat terjadi penawaran, Anda akan dijelaskan bermacam kelebihan produk. Tahan dulu untuk langsung membeli, Anda boleh hitung dulu sisa pendapatan Anda. Tentunya setelah semua kebutuhan terpenuhi. Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk keluarga, tapi sebelum memutuskan tidak ada salahnya mengantisipasi. Takutnya asuransi malah membebani Anda.

7. Cek Kerjasama Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki kerjasama dengan beberapa rumah sakit. Sebelum membeli, tanyakan kepada agen rumah sakit mana yang terikat. Pasalnya, ini berkaitan bila terjadi resiko. Ketika resiko terjadi, Anda bisa menggunakan fasilitas rumah sakit sesuai tertera di perjanjian. Disarankan, membeli asuransi dengan kerja sama rumah sakit di seluruh kota, memudahkan bila terjadi resiko dan Anda sedang berada di luar kota.

Itulah 7 cara terbaik menentukan asuransi untuk kesehatan keluarga Anda. Pada dasarnya, asuransi kesehatan memiliki ketentuan yang kompleks dibanding asuransi lainnya. Calon nasabah diharuskan memahami dengan baik isi polis asuransi. Hal ini memudahkan Anda untuk menghindari kerugian di masa datang, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari adanya asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *