Resep Lumpia Ayam

Resep Lumpia Ayam

Siapa yang tidak pernah tergoda dengan lumpia? Cemilan gurih nan lezat ini hampir bisa dipastikan selalu ada di berbagai acara mulai dari arisan keluarga, gathering hingga acara pernikahan. Bahkan, di pinggir jalan pun banyak yang menyajikan panganan ini. Selain mudah dibuat, lumpia juga bisa dikreasikan dengan berbagai bahan makanan salah satunya adalah daging ayam. Nah, jika Anda termasuk penggemar berat lumpia maka sebaiknya Anda menyimak resep lumpia ayam dibawah ini.

Tidak melulu memakai daging, lumpia juga bisa dikreasikan dengan sayur menjadi lumpia ayam sayur. Selain lebih sehat rasanya juga dijamin akan semakin enek berkat perpaduan rasa manis sayuran dan gurih dari ayam. Resep ini sangat cocok disajikan untuk anak-anak yang sulit memakan sayur-sayuran. Dengan tambahan sambal pedas yang nikmat dijamin anak-anak pasti akan berebut memakannya.

Bahan-bahan isian:

1/4 kg dada ayam
3 batang bawang prei/bawang daun
4 buah wortel yang diserut
1/2 bungkus kaldu bubuk
Minyak goreng secukupnya
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt garam

Resep Lumpia Ayam

Bahan kulit:

250 gram tepung terigu
2 sdm tepung tapioka
1 butir telur ayam
600 ml air

Cara membuat isian:

1.   Rebus ayam hingga matang. Setelah matang, biarkan hingga beberapa saat agar dingin kemudian suwir-suwir ayam menggunakan garpu.
2.   Potong-potong bawang prei.
3.   Pada wadah yang lain, haluskan bawang putih,bawang merah dan garam hingga lembut. Setelah itu tumis hingga harum.
4.   Masukkan ayam yang telah disuwir-suwir, sayuran dan kaldu bubuk. Aduk hingga larut dan masak hingga matang. Setelah diangkat segera taburkan dengan bawang prei yang sudah dipotong-potong tadi.

Cara membuat kulit lumpia:

1.   Campurkan tepung terigu, tepung tapioka dan air kedalam wadah. Aduk rata semua bahan hingga tercampur rata kemudian masukan telur ke dalam adonan kemudian aduk kembali.
2.   Tambahkan sedikit minyak goreng (jika dirasa diperlukan) kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, istirahatkan adonan sekitar 30 menit.
3.   Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang lalu cetak kulit lumpia dengan hati-hati agar tidak sobek. Goreng kulit lumpia hingga teksturnya berubah seperti dadar gulung..
4.   Setelah matang angkat kulit lumpia dan letakan di piring selama beberapa menit hingga dingin.

lumpia ayam Resep Lumpia Ayam

Cara membuat lumpia:

1.   Ambil selembar kulit lumpia lalu letakkan 1 sendok isian di tengah-tengah adonan. Lipat kulit bagian bawah, kanan, kiri dan terakhir lipat bagian atas kulit.
2.   Oleskan sedikit putih telur sebagai perekat agar lumpia tidak hancur saat digoreng.
3.   Panaskan wajan dengan api sedang, goreng lumpia hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
4.   Setelah matang, angkat lumpia kemudian tiriskan agar tidak terlalu banyak menyerap minyak.
5.   Sajikan dengan saus sambal atau cabai rawit pedas.

Jika Anda tidak terlalu menyukai bawang prei dan wortel maka Anda bisa menggantinya dengan jenis sayuran yang lain. Hampir semua jenis sayuran bisa digunakan namun sebaiknya gunakan sayuran yang bertekstur keras seperti kacang polong, buncis muda dan jagung yang dipipil karena nantinya lumpia akan digoreng ke dalam minyak panas selama beberapa menit. Dengan begitu ketika Anda memakannya, sayuran masih terasa renyah .

Sedangkan untuk penggunaan daging ayam dalam resep lumpia ayam diatas, jika Anda ingin rasa yang lebih gurih maka sangat disarankan untuk menggunakan paha ayam dibandingkan dengan dada ayam. Paha ayam memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan dada ayam sehingga rasanya lebih enak dan juicy.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *