Rahasia Pentil Ban Motor yang Jarang Diketahui

Rahasia Pentil Ban Motor yang Jarang Diketahui

Pentil ban motor merupakan salah satu bagian yang sering dilupakan. Pentil ban motor sering kali diabaikan karena memang bentuknya yang kecil dan jarang orang memperhatikan dengan detail. Namun, siapa sangka jika tutup pentil ban motor ini memiliki segudang kelebihan yang jarang orang mengetahuinya.

Ban motor sendiri terdiri dari beberapa bagian yang menjadi satu kesatuan. Ban motor ini biasanya diisi dengan angin biasa atau gas nitrogen. Pengisian angin atau nitrogen ini dilakukan dengan cara memasukkanya melalui pentil yang terpasang di ban. Pentil ini menjadi bagian yang sangat penting karena dirancang khusus agar udara yang ada di dalam ban tidak dapat keluar. Teknologi pentil ini sangat canggih sehingga beberapa pentil ban mampu untuk bertahan sangat lama. Perawatan dari pentil ban juga sangat mudah dan semua orang pun dapat melakukannya. Kita hanya perlu menambahkan tutup pada pentil ban agar pentil selalu terlindungi dari benda kecil berbahaya yang dapat merusak pentil ban dan membuatnya bocor. Faktanya, pentil ban adalah salah satu bagian terpenting dari ban motor kita.

Tutup pentil ban motor ini

Sayangnya, bagian ini sering kali diabaikan, hal inilah alasan utama mengapa banyak sekali pentil ban yang gampang rusak atau bocor. Tutup pentil ban motor sering kali tidak dipasang lagi dan akan membuat pentil menjadi lebih mudah untuk dimasuki debu atau kotoran hingga kerikil kecil yang dapat menyebabkan pentil bocor. Kebocoran ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan mengganggu kinerja dari ban motor kita. Udara akan terus keluar secara perlahan sehingga ban motor akan kekurangan tekanan udara dan menjadi kempes. Jika ban menjadi kempes maka motor yang digunakan untuk berkendara bisa membahayakan. Motor ini akan menjadi susah untuk dikendalikan dan yang lebih parah akan mengakibatkan kecelakaan. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi karena ban pecah akibat kekurangan tekanan udara. Hal tersebut bahkan sering kali memakan korban jiwa dan mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Karena hal yang sepele kita bisa mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Pentil ban memang sering dianggap remeh oleh sebagian orang baik yang sudah mengerti atau paham betul dengan motor maupun orang awam yang hanya tahu cara menggunakan motor.

Tutup pentil ban motor

Tutup pentil pada ban motor menjadi bagian yang sangat penting untuk dipasang di motor kita. Kita tak boleh mengabaikan urusan ban motor karena ban motor menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk menjamin keselamatan kita selama berkendara di jalan raya. Jadi jangan lupa untuk memasang kembali tutup pentil ban terutama ketika selesai mengisi udara ban motor kita. Sekarang ini tutup pentil ban sudah memiliki beragam bentuk dengan fungsi yang berbeda. Ragam bentuk tutup pentil ini mulai dari tutup sekaligus sebagai pembuka pentil ban, tutup pentil biasa, hingga tutup pentil dengan beragam corak dan warna untuk menambah kecantikan ban motor kita. Tutup pentil juga ada yang dilengkapi dengan lampu kecil sehingga akan menyala ketika kita berkendara. Variasi dari tutup pentil ban akan semakin membuat banyak orang tidak lagi mengabaikan tutup pentil ini. Harga dari tutup pentil ban juga sangat murah mulai dari harga seribu rupiah hingga tutup penting berharga ratusan ribu rupiah. Biasanya tutup pentil berharga mahal adalah tutup pentil untuk variasi motor yang dilengkapi dengan bergam pernak-pernik dan bentuk yang lucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *