Penggunaan Masker, Solusi Sederhana Cegah Penularan Covid-19

Penggunaan Masker, Solusi Sederhana Cegah Penularan Covid-19

Seperti yang telah diketahui, penularan Covid-19 bisa terjadi karena adanya kontak langsung dengan droplets yang mengandung virus. Akan tetapi, WHO telah memberikan pernyataan bahwa virus tersebut bisa menular melalui udara. Oleh karena itu, muncullah himbauan untuk selalu menggunakan masker sebagai salah satu upayah pencegahannya. Namun, mungkinkah masker menjadi solusi yang efektif? Yuk, simak ulasan berikut.

Masker Sebagai Langkah Sederhana Mencegah Covid-19

Penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19 menghasilkan banyak pendapat yang beragam. Berdasarkan hasil studi ahli dari University of London David Carrington, menyebutkan jika penutup wajah tersebut kurang efektif menangkal virus sebab tidak memiliki filter. Akan tetapi, penggunaan masker tersebut dirasa mampu menurunkan potensi tertularnya virus, karena adanya penutup wajah mampu menghalangi percikan droplets.

Solusi Sederhana Virus Corona

Namun, penelitian dari tim di Texas dan California menyebutkan bila masker menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi penularan virus, termasuk Covid-19. Dalam studi yang dilakukan, para ilmuwan tersebut melakukan perbandingan tingkat infeksi Covid-19 di Italia dan New York, sebelum dan sesudah diterapkannya kebijakan memakai masker. Dari hasil yang didapatkan, penggunaan masker di ruang publik menunjukkan penurunan tingkat infeksi.

Cara Menggunakan Masker Yang Tepat

Untuk bisa mencegah penularan Covid-19, maka sewajibnya untuk selalu mematuhi kebijakan protokol kesehatan yang telah ditentukan, salah satunya dengan mengenakan masker. Dari hasil studi yang dilakukan, masker dinilai sebagai solusi efektif untuk mencegah resiko penularan virus yang beterbangan di udara, serta mampu menghalangi diri dari masuknya percikan droplets yang mungkin mengandung virus berbahaya, seperti Covid-19.

Dalam mengenakan masker, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah pastikan kondisi tangan bersih sebelum menggunakan penutup wajah. Selain itu, usahakan masker yang dikenakan tersebut mampu menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. Dalam hal ini, pastikan jika tidak terdapat cela di antara wajah dan masker, sehingga virus tidak ada jalan untuk masuk.

Tak hanya itu saja, ketika penutup wajah sedang digunakan usahakan untuk tidak menyentuhnya. Karena, apabila masker tersentuh tangan yang tidak bersih, akan membuat virus yang mungkin menempel di tangan berpindah ke penutup wajah. Di samping itu, perlu diperhatikan pula ketika melepas masker, usahakan untuk tidak menyentuh bagian depannya. Ada baiknya jika membuka penutup wajah dari bagian tali pengaitnya.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Memakai Masker

Supaya penggunaan masker tetap efektif dalam mencegah penularan virus, maka sebaiknya menghindari beberapa kesalahan yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang. Diantaranya yaitu, jangan mengenakan masker di bawah hidung serta usahakan tidak berbagi pemakaian penutup wajah dengan orang lain. Ketika berada di ruang publik, biasakan untuk tidak melepas masker yang dikenakan, khususnya jika jarak orang tidak 1 meter.

Solusi Sederhana Virus Corona ini

Apabila selesai dikenakan, maka simpan penutup wajah tersebut dalam wadah ataupun plastik bersih, agar masker tidak kotor dan bisa digunakan untuk pemakaian selanjutnya. Selain itu, jika menggunakan masker kain usahakan untuk selalu mencucinya dengan sabun dan air panas. Namun, bila menggunakan masker medis usahakan untuk menggunakannya hanya sekali saja, dan lakukan penggantian tiap kali memakainya.

Mengenakan masker di ruang publik dirasa sebagai langkah efektif untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan menggunakan penutup wajah tersebut akan menghalangi kemungkinan infeksi virus yang terbawa aerosol. Selain itu juga bertujuan untuk mencegah kontak penularan melalui tetesan droplets. Namun, dalam pemakaiannya dipastikan bahwa masker yang digunakan sudah terpasang dengan baik dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *