PELUANG USAHA TERNAK SEBAGAI USAHA YANG MENJANJIKAN

Sistem peternakan diperkirakan telah berdiri di bumi sejak 9000 tahun sebelum Masehi. Sistem peternakan pada masa itu dimulai dengan domestikasi hewan seperti anjing, kambing dan domba. Peternakan merupakan seluruh dari kegiatan aditif tekno-sosio-ekonomi dan interaksi dari berbagai faktor yang mendukung pemanfaatan dan pengembangan potensinya sebagai salah satu dari unsur biotik dalam sebuah ekosistem pertanian. Pada masa itu juga dimulainya pemanfaatan susu dan wol yang berasal dari domba dan kambing.

Kegiatan peternakan memiliki tujuan untuk mencari keuntungan dengan penerapan prinsip manajemen faktor produksi yang telah dikombinasikan. Kegiatan ternak merupakan kegiatan yang secara sengaja dilakukan dengan menjadikan hewan sebagai sumber pangan, bahan baku industri dan dipelihara sebagai pembantu pekerjaan manusia. kegiatan ternak sendiri terbagi menjadi tiga golongan yakni peternakan hewan besar, hewan kecil dan unggas.

1.Peternakan hewan besar mencangkup hewan ternak yang berukuran besar seperti sapi, kerbau, kuda, unta, dan lainnya. Biasanya ternak hewan besar dilakukan agar kita bisa mengambil manfaat seperti susu, daging, kulit dan tenaganya seperti membajak atau tunggangan.
2.Peternakan hewan kecil merupakan peternakan terhadap hewan yang berukuran kecil namun bukan unggas seperti ikan, kelinci, domba, kambing dan masih banyak lagi. Biasanya hewan ternak kecil berkontribusi sebagai penyedia nutrisi penting.
3.Peternakan hewan unggas merupakan peternakan khusus untuk hewan jenis unggas seperti ayam, bebek, angsa, itik, burung puyuh dan lainnya. Manfaat yang biasanya diambil adalah daging, telur, bulu, biasanya digunakan sebagai penghibur.

Ada beberapa peluang usaha ternak di bawah ini yang menjanjikan, bagi anda yang menyukai bisnis peternakan bisa mencoba usaha ternak berikut.
1.Usaha ternak sapi
Usaha ternak sapi, kerbau maupun domba merupakan peluang ternak yang besar karena kebutuhan akan daging sapi di pasaran sangat tinggi. Jika nilai permintaan tinggi, namun belum bisa terpenuhi maka akan menjadikan daging sapi sangat langka dan harganya bisa melonjak tinggi. Terlebih saat ada perayaan hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Untuk itu peluang ternak sapi ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dalam jangka waktu yang lama. Usaha ternak sapi memiliki beberapa jenis salah satunya usaha ternak sapi potong.

2.Usaha ternak ayam
Layaknya sapi, kebutuhan akan daging dan telur ayam di pasaran juga terus meningkat. Hal ini karena daging dan telur ayam terus menambah peminatnya. Usaha ternak ayam ada banyak macamnya seperti Usaha ternak ayam petelur, ternak ayam kampung, ternak ayam potong, ternak ayam pedaging broiler, usaha ternak ayam bangkok, dan lain sebagainya.

3.Usaha ternak bebek
Peluang ternak bebek juga merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Permintaan akan telur dan daging bebek semakin tinggi di pasaran, namun belum juga bisa seimbang dengan meningkatnya produksi telur bebek di kalangan peternak. Ternak bebek juga menjadi beberapa jenis yakni usaha ternak bebek petelur dan bebek daging atau bebek potong.

4.Usaha ternak Kambing
Hal ini dikarenakan kambing merupakan salah satu hewan yang menjadi hewan kurban pada hari raya Idul Adha yang membuat kambing memiliki jumlah permintaan yang tinggi. Selain itu, permintaan akan daging dan susu kambing di pasaran juga meningkat.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai peluang usaha ternak yang dapat menjanjikan dalam waktu yang lama. Namun di luar itu, anda juga bisa menjadi peternak lainnya seperti peternak ikan lele, belut, burung puyuh, dan lain sebagainya. Tipsnya sama yaitu tekun dalam mengerjakannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *