Pasien Covid Tanpa Gejala Banyak Ditemukan, Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Pasien Covid Tanpa Gejala Banyak Ditemukan, Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Orang yang terinfeksi oleh virus Covid-19 biasanya menunjukkan banyak gejala, seperti demam, batuk, gangguan pernapasan, dan tanda sakit lainnya. Akan tetapi, ada juga penderita yang tidak menunjukkan gejala sama sekali, dan biasanya baru terdeteksi ketika telah melakukan tes. Kondisi tersebut justru lebih mengkhawatirkan karena mempersulit pemutusan rantai virus. Berikut penyebab mengapa ada pasien covid tanpa gejala.

Alasan Pasien Covid Tidak Menunjukkan Gejala

1. T- Cells

Setelah banyak beredar tanda orang yang terinfeksi Covid, tak lama kemudian muncul berita yang mengatakan bahwa ada pasien yang tidak menunjukkan gejala. Hal ini cukup meresahkan, karena bisa jadi orang tersebut pergi ke banyak tempat dan berpotensi menularkan virus ke individu lainnya. Salah satu yang menjadi alasan pasien tidak menunjukkan gejala bahwa terinfeksi adalah karena T-Cells.

Pasien Covid Tanpa Gejala

Sel T merupakan golongan sel darah putih yang memainkan peran penting dalam hal kekebalan seluler, dimana sel tersebut yang menyediakan imunitas lebih lama dibandingkan dengan antibodi. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki kekebalan tubuh tinggi, biasanya tidak menunjukkan gejala yang berat. Namun, tak menutup kemungkinan jika gejala bisa muncul lebih lama, yaitu rentang 24 hari sejak paparan pertama.

2. Alergi

Selain peranan T- Cells yang kuat, adanya alergi juga mendasari alasan pasien Covid tanpa gejala parah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa seorang anak yang memiliki asma maupun jenis alergi lainnya cenderung tidak mengalami gejala Covid yang begitu berat. Hal tersebut dapat terjadi karena, individu yang mempunyai alergi umumnya kekurangan reseptor Angiotensin Converting Enzyme 2.

Reseptor ACE 2 tersebut berupa protein yang menjadi pintu masuk virus sebelum melakukan replikasi di dalam tubuh. Tanpa adanya enzim tersebut, virus Covid tidak bisa masuk ke dalam sel inang, sehingga kesempatan untuk menyebabkan kerusakan jaringan juga akan berkurang. Kondisi tersebutlah yang menjadi penyebab penderita alergi tidak menunjukkan gejala, jika terinfeksi Covid.

3. Vaksin

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa penyembuhan untuk orang yang terinfeksi virus adalah dengan vaksin. Dari hasil penelitian lain, menunjukkan bahwa seseorang yang telah menerima vaksin untuk jenis patogen lain, biasanya juga membuatnya terlindungi dari jenis virus lainnya, misalnya Covid-19. Meskipun pemberian vaksin tersebut telah dilakukan pada satu atau lima tahun yang lalu.

Mengapa Petugas Medis Rentan Alami Trauma Psikologis Pasien Covid Tanpa Gejala

Hal tersebut yang mendasari penyebab orang yang telah menerima vaksin, khususnya polio dan pneumonia, tidak menunjukkan gejala ketika terinfeksi oleh Covid-19. Kejadian tersebut juga dapat menyebabkan peristiwa imunitas silang. Dimana, orang yang telah terinfeksi virus lain, respon sistem imunnya akan semakin kuat, sehingga ketika ada virus baru yang masuk bisa diatasi dengan cepat.

4. Masker

Selama pandemi berlangsung, semua orang dianjurkan untuk selalu mengenaikan masker ketika bepergian kemanapun. Hal ini sebagai salah satu upayah pencegahan agar terhindar dari serangan Covid-19. Namun, perlu diketahui bahwa masker juga bisa menyebabkan gejala virus corona semakin parah. Oleh karena itu, anda perlu mengenakan masker sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta tetap menjaga kebersihan pada alat kesehatan tersebut.

Terdapat beberapa alasan yang mendasari pasien Covid tidak menunjukkan gejala yang berat. Dimana, penyebabnya tersebut adalah karena T-Cells, alergi, vaksin, serta masker. Seseorang yang memiliki imunitas tinggi, tentunya tidak akan menunjukkan gejala meskipun telah terserang. Dampak yang berat akan terlihat pada individu yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Oleh karena itu, di masa pandemi ini, tetaplah jaga sistem imun agar tetap baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *