Mesin Mobil Tidak Berfungsi ? Cek Penyebab Busi Mobil Basah Bensin dan Solusinya

Mesin Mobil Tidak Berfungsi ? Cek Penyebab Busi Mobil Basah Bensin dan Solusinya

Busi adalah elemen terpenting bagi kendaraan roda empat maupun roda dua yang menggunakan mesin bensin. Mesin berjalan normal bila busi dalam keadaan kering, jika busi basah biasanya mesin susah untuk dihidupkan. Bukan hanya basah, busi kadang gosong alias terbakar. Lalu, apa alasan busi basah ? Yuk cari penyebab busi mobil basah bensin dan temukan solusinya dalam ulasan berikut ini.

Mobil Mogok Karena Rembesan Pada Busi Mobil

1. Kondisi Busi Ujungnya Basah

Jika dilihat kondisi busi tidak berkerak dan warnanya tidak terlalu hitam, tetapi ujung busi basah. Bisa didapati ketika mesin mobil susah dihidupkan dan saat dibuka businya pasti sudah basah. Ini terjadi akibat proses starting yang tidak berhasil hidup sebelumnya. Jadi, saat menghidupkan tombol starter engkol mesin berputar dan saat hisap udara bensin akan masuk kedalam ruang bakar. Jika sudah lebih 3 kali starter mesin, busi akan sangat basah.

2. Mesin Mengalami Missfire

Ketika mesin mogok, busi basah tidak memproses pembakaran. Maka, bensin yang ada didalam ruang bakar akan menempel pada permukaan ruang bakar, termasuk pada elektroda busi. Kalau sekali atau dua kali starter mungkin efeknya tidak terlalu terlihat. Namun, lebih dari 3 kali starter mesin tidak lagi berfungsi. Kondisi ini tidak membahayakan. Busi basah menunjukkan bahwa mesin mengalami missfire, atau sistem pengapian mesin tidak normal.

Mesin Mobil Tidak Berfungsi Cek Penyebab Busi Mobil Basah Bensin dan Solusinya

3. Kualitas Bahan Bakar Bensin yang Buruk

Bahan bakar yang baik untuk mesin mobil yakni bensin tanpa timbal atau RON 92 (Pertamax). Tapi kebanyakan pemiliki mobil memaksa menggunakan bahan bakar bensin dengan nilai RON 88 atau Premium. Karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin, maka terjadilah aus sebab pembakaran energi tidak sempurna. Pastikan Anda gunakan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Kondisi Fuse Ignition Tidak Normal

Untuk mobil-mobil modern dengan sistem DLI, Anda tidak perlu repot mendeteksi letak kerusakan. Ada fitur check engine untuk memberitahukan dimana letak rangkaian yang bermasalah. Sedangkan pada mobil konvensional, Anda perlu melakukan pemeriksaan khusus. Cek sekering ignition pada fuse block, kalau tidak muncul percikan api berarti kabel busi ada yang terputus.

5. Bagian Kompresi Mengalami Aus

Selain bensin, oli dari mesin bisa masuk ke dalam ruang bakar ketika piston beroperasi. Efeknya membuat busi menjadi basah, diperparah dengan warna asap knalpot menjadi warna putih. Asap putih knalpot disebabkan oleh oli yang ikut terbakar. Penyebab busi mobil basah bensin ada di dua komponen, bagian ring piston dan linner silinder. Solusi tepat ialah mengganti ring piston atau melakukan oversize pada blok.

6. Kualitas Busi Tidak Bagus

Selain karena faktor luar, kondisi kualitas busi juga berpengaruh. Busi mobil yang kurang berkualitas dan tidak cocok menimbulkan masalah pada mesin mobil. Busi berfungsi melakukan proses pembakaran, jika api yang keluar kecil maka pembakaran sulit dilakukan. Sehingga bahan bakar yang tidaj terbakar mengendap di elektroda busi. Solusinya, Anda harus mengenali spesifikasi mesin mobil, tak hanya tampak luar namun berkaitan dengan dalam mobil juga perlu.

Busi yang basah menandakan ada sistem yang salah dalam mobil. Seringkali busi basah karena bensin atau karena air tiba-tiba merembes ke busi. Hal ini mengindikasikan sistem pengapian yang bekerja tidak baik. Jika tiba-tiba mesin mobil Anda mati, sebaiknya jangan gegabah untuk menggantinya. Cek dulu sistem yang berpengaruh apa saja, lalu mencari solusi paling praktis. Karena penggantian mesin mobil tidak murah harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *