Mengenal Ragam Keuntungan Network Switch

Mengenal Ragam Keuntungan Network Switch

Network switch merupakan teknologi masa kini yang telah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Teknologi ini memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan pengiriman data dan penggunaan peralatan komputer dalam jumlah besar. Meminimalisir downtime jaringan merupakan salah satu keuntungan network switch.

Teknologi dapat mengurangi kegagalan pada jaringan. Dengan teknologi ini, bandwidth yang didapatkan memiliki ukuran yang besar. Tidak hanya itu, teknologi ini juga dapat menghemat biaya operasional. Network switch mampu memantau jaringan meskipun petugas tidak harus berada di kantor atau menjaganya. Karena itulah, perusahaan tentunya tidak perlu mengeluarkan dana berlebih ketika mengoperasikan jaringan di perusahaan.

keuntungan network switch

Keuntungan lainnya dari network switch adalah dapat meningkatkan keamanan jaringan perusahaan. Pada teknologi ini tersimpan fitur PoE dan 802.1X yang mampu menjaga akses switch port di setiap jaringan yang digunakan. Dengan banyaknya keuntungan yang diperoleh perusahaan ketika menggunakan network switch, ada baiknya bagi perusahaan untuk menggunakan teknologi yang tepat. Di pasaran, ada beberapa produk network switch yang beredar dan memiliki spesifikasinya tersendiri. Untuk mengetahui lebih jelas akan jenis network switch yang beredar di pasaran, simak ulasannya di bawah ini:

a. Unmanaged Switch

Teknologi unmanaged switch merupakan teknologi jaringan yang peraturannya tidak dapat diubah. Ketika menggunakan teknologi ini, perusahaan tidak perlu melakukan modifikasi terlebih dahulu. Untuk harga jualnya sendiri, unmanaged switch dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Unmanaged switch sangat tepat digunakan oleh perusahaan kecil, usaha rumahan dan usaha kecil-kecilan yang tidak membutuhkan admin IT. Switch ini tidak dilengkapi dengan fitur keamanan. Hal tersebut bukan menjadi masalah besar jika teknologi hanya dimanfaatkan untuk jaringan yang kecil dimana komputer yang digunakan sebanyak 5 hingga 10 unit. Jika usaha yang dijalankan memiliki kaitan dengan informasi penting, teknologi switch yang digunakan sebaiknya menggunakan teknologi yang lebih baik.

b. Smart Switch

Smart switch memiliki kesamaan dengan unmanaged switch. Smart switch memiliki akses internet dan fitur yang terbatas. Guna mengoperasikan dan mengatur switch tersebut, perusahaan tidak membutuhkan seorang ahli IT. Dibandingkan dengan unmanaged switch, smart switch memiliki penampilan pengaturan yang lebih sederhana. Smart switch sangat tepat dimanfaatkan pada jaringan yang kecil seperti VoIP. Teknologi ini dapat membuka akses pada setiap jaringan dan port visual. Switch ini tidak dilengkapi dengan fitur guna mengakses atau memonitor jarak jauh jika switch mengalami masalah dan butuh perbaikan. Meskipun demikian, smart switch masih banyak digunakan pada jaringan kecil yang dimiliki oleh perusahaan tertentu.

keuntungan network switch jaringan komputer

Network switch lainnya yang ada di pasaran saat ini adalah managed switch. Dibandingkan dengan kedua jenis switch yang telah dijelaskan sebelumnya, managed switch merupakan jenis switch yang memiliki keamanan jaringan tertinggi. Jika ingin mengontrol switch jarak jauh dan membutuhkan teknologi switch seharian, managed switch menjadi jenis switch paling tepat yang dapat digunakan. Dengan keunggulan yang dimilikinya, switch ini memiliki harga jual yang mahal. Meskipun berharga mahal, managed switch dapat dijadikan investasi dalam dunia bisnis. Managed switch dibekali dengan fitur pemisahan jaringan, mengontrol arus sistem, pengatur arus pengguna dan meningkatkan penggunaan sumber daya serta memaksimalkan kecepatan jaringan. Guna mengoperasikan dan mengatur managed switch, pemahaman dan pengaturan mengenai command line sangat dibutuhkan. Tanpa pengetahuan tersebut, pengoperasian switch tidak dapat dilakukan dengan semestinya dan manfaat yang diharapkan tak mampu diperoleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *