Mengenal Apa Itu Uang Digital Bitcoin

Mengenal Apa Itu Uang Digital Bitcoin

Apakah anda pernah mendengar istilah bitcoin dalam bisnis? Atau saat anda ingin berinvestasi di pasar internasional anda sekilas pasti mendengar uang digital atau bitcoin. Disini akan dibahas lebih dalam mengenai apa itu Bitcoin dan apa saja kelebihan serta kekurangannya.

Bitcoin merupakan mata uang yang tidak dalam bentuk koin, uang kertas, perak, ataupun emas. Mata uang ini tidak dapat dilihat secara riil karena berbentuk digital. Bitcoin merupakan sebuah uang yang berjenis lektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Nama dari bitcoin sendiri dikaitkan dengan perangkat lunak yang dia rancang dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer yang dimana tidak memerlukan penyimpanan terpusat atau sejenis administrator tunggal. Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin ini sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi karena tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama seperti mata uang pada umumnya. Bitcoin ini sistemnya menggunakan database yang didistibusikan dan menyebar ke sebuah node-node dari jaringan P2P menuju jurnal transaksi serta menggunakan kriptografi seperti memastikan bahwa bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh pemiliknya dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari sekali.

BTC to IDR menukar bitcoin

Diakui atau tidak namun demam bitcoin saat ini sedang melanda dunia. Saat ini BTC to IDR memiliki harga Rp. 699,774,873.60 dan bisa berubah setiap waktu. Sangat besar bukan? Cryptocurrency nya yang bersifat terdesentralisasi dan tidak diatur oleh otoritas pusat ini ramai digunakan untuk bertransaksi di berbagai negara baik itu negara maju maupun negara berkembang termasuk juga negara Indonesia. Walaupun bitcoin ini memiliki beberapa kelebihan dari pada mata uang konvensional namun semua buatan manusia di dunia ini pada dasarnya pasti memiliki kekurangan. Termasuk juga bitcoin yang juga memiliki resiko yang salah satunya berkaitan dengan penyimpanan uang yang dikunci oleh private key. Private key ini berupa barisan kode yang ternyata bisa hilang atau dicuri. Namun anda tidak perlu risau karena semua risiko pasti terdapat solusi untuk meminimalisirnya. Pengelola salah satu bursa Bitcoin terbesar di negara kita yaitu Oscar Darmawan mengungkapkan bahwa ia dapat membuat dompet Bitcoin berupa print out lalu disimpan dalam safety deposit box.

Kehadiran awal bitcoin ditandai oleh 50 bitcoin pertama di dunia yang dihasilkan melalui sistem tersebut. Kemudian dikenal dengan sebutan Genesis Block. Bitcoin ini biasanya digunakan oleh investor. Anda bisa mendapatkan bitcoin di gerai Indomaret. Pada dasarnya bitcoin ini sama dengan rupiah maupun dollar namun keberadaannya hanya ada dalam dunia digital. Secara konsep bitcoin ini mirip dengan eGold, namun hanya sebatas mirip. Sangat disarankan sebagai pemula yang ingin join dalam bisnis atau bermain Bitcoin wajib mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Untuk itu pahami terlebih dahulu sistemnya dengan baik untuk meminimalisr dan menghindari terjadinya risiko di masa yang akan datang.

BTC to IDR ini

Kelebihan dari Bitcoin adalah yang pertama Bitcoin ini tidak dimiliki oleh negara manapun. Yang kedua memiliki demand yang tinggi yang saat ono Bitcoin memiliki nilai tembus sampai 860 USD sehingga jika anda membeli Bitcoin pada tahun 2011 tentu saat ini sudah menjadi milioner. Kelebihan yang ketiga yakni Bitcoin ini dikembangkan dengan idealism yang dimana pemerintah tidak ikut campur dalam trading Bitcoin. Kelebihan lainnya adalah dari segi keamanan yang dimana Bitcoin sulit untuk dipalsukan sehingga terhindar dari pemalsuan uang.

Kelemahan dari uang digital ini adalah tidak stabil karena bersifat spekulatif, yang kedua berisiko dicuri oleh hacker. Kelemahan yang ketiga sebagai alat pencuci uang membuat bitcoin rawan untuk disalahgunakan. Kelemahan terakhir adalah tidak sepenuhnya legal karena beberapa negara melarang menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran termasuk Indonesia. Itu tadi sekilas penjelasan mengenai Bitcoin. Jika anda dahulu sempat memiliki Bitcoin, anda akan mendapatkan keuntungan yang dimana 1 BTC nya sesuai update convert Bitcoin ke Rupiah yakni sekitar Rp. 699,774,873.60. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *