Manfaat Oralit Bagi Kesehatan

Oralit merupakan obat ampuh yang terkenal sejak zaman dulu dan jadi efek Placebo turun-temurun. Kebanyakan dari kita yang pernah mengalami sakit pasti pernah diberikan oralit oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan. Tapi bagaimana dengan Anda yang jarang sakit yang jika sakit sedikit pun pakai obat warung saja? Tentunya Anda yang jarang sakit masih awam dengan oralit memiliki pandangan dan pengetahuan yang berbeda. Anda juga mungkin belum pernah bertemu dengan obat oralit ini dan kebingungan menafsirkan apakah bentuknya kapsul atau pil? Maka dari itu kita akan membahas manfaat Oralit bagi kesehatan yang semoga saja akan memperbaiki kesehatan Anda bilamana saat ini sedang sakit.
Oralit dibuat dengan garam yang diformulasikan khusus dengan air. Jadi oralit tidak berbentuk pil atau kapsul melainkan serbuk yang dilarutkan ke dalam air. Oralit juga tidak serta merta bisa dikonsumsi dengan cara apapun. Ingat, oralit hanya dikonsumsi dengan cara dilarutkan. Bukan dijadikan cemilan atau dicampur sebagai bumbu makanan. Oralit diminum ketika Anda mengalami diare yang membuat terkurasnya produksi cairan tubuh. Jadi ketika Anda diare, produksi cairan tubuh akan terkuras dan tubuh memerlukan penggantinya dalam waktu singkat. Air biasa juga bisa memenuhi cairan tubuh namun tidak sesingkat yang diberikan oralit. Jadi fungsi utama oralit adalah sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang dan membantu meredakan diare.
Cara menyajikan oralit tidaklah sulit namun bukan berarti Anda boleh sembarangan menyajikannya. Tetap ada prosedur kesehatan walaupun hanya untuk sekedar menyajikan oralit. Syarat utama untuk menyajikan oralit adalah kebersihan. Jadi pastikan Anda sudah bersih dari kuman sebelum Anda menyajikan oralit untuk dikonsumsi. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu, boleh memakai hand sinitizer, masker, dan sarung tangan. Ko ribet banget sih? Ya mengingat kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi. Setelah Anda pastikan diri Anda bersih, sediakanlah satu gelas air putih 200 cc atau bisa juga ikuti aturan pemakaian dalam kemasan. Tuangkan isi oralit ke dalam air yang sebelumnya sudah disiapkan lalu aduk sampai rata dan berikan pada orang yang membutuhkan oralit. Pastikan juga gelas yang digunakan untuk menyajikan oralit ini sudah bersih ya.
Oralit mengandung glukosa, kalium klorida, natrium dan trisodrium sitrat. Oralit juga ternyata memiliki efek samping seperti sakit kepala pusing, lelah, perubahan mood, perut kembung dan tidak nyaman. Namun tidak perlu khawatir karena efek samping ini tidak akan lama Anda rasakan. Jika efek samping ini berkelanjutan, Anda bisa memeriksakannya ke dokter karena siapa tahu ada penyakit lain yang Anda derita. Oralit juga tidak bisa sembarang dikombinasikan dengan obat lain ya. Maksudnya ketika Anda sedang mengkonsumsi obat lain resep dari dokter maka tanyakan lebih dahulu pada dokter yang bersangkutan apakah Anda boleh mengkonsumsinya atau tidak.
Manfaat oralit sering kali ditujukan hanya untuk bayi saja namun sebenarnya oralit bisa dikonsumsi oleh remaja dan dewasa bahkan hewan sekalipun. Fungsinya masih sama yakni mengganti cairan tubuh yang hilang serta menyelesaikan diare. Hewan seperti kucing dan ayam juga boleh dikasih oralit jika sedang sakit dan ini sudah dilakukan oleh dokter hewan juga ya. Kemudian yang terpenting adalah tanda-tanda bahwa Anda membutuhkan oralit. Tanda-tanda yang bisa Anda deteksi adalah munculnya rasa haus yang berlebihan, terjadinya kekeringan dalam mulut, lelah yang tak biasa, pusing yang tanpa sebab, serta sakit kepala lainnya. Jika itu sudah terdeteksi secara dini, konsultasikanlah pada dokter dan konsumsi oralit. Dengan begitu kesehatan Anda 80% akan kembali pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *