Kupas Tuntas Tentang Bitcoin, Harga, Kekurangan dan Kelebihannya

Kupas Tuntas Tentang Bitcoin, Harga, Kekurangan dan Kelebihannya

Bitcoin adalah salah satu mata uang virtual yang sedang naik daun. Mungkin beberapa dari anda masih asing dengan istilah bitcoin. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bitcoin merupakan salah satu mata uang virtual. Hal itu berarti, ada berbagai macam uang virtual selain bitcoin. Beberapa mata uang virtual tersebut adalah Litecoin dan Ethereum. Hanya saja, nama yang paling menggema di antara masyarakat adalah bitcoin. Sehingga, bitcoin menjadi mata uang virtual yang paling populer. Bitcoin pertama kali dibuat pada bulan Januari 2009 setelah pasar perumahan mengalami kerugian besar. Hingga saat ini, nama pencipta bitcoin belum diketahui.

Bitcoin tidak mengenal biaya transaksi. Selain itu, bitcoin juga tidak memiliki bentuk fisik sehingga saldo uang dimiliki disimpan dalam buku besar yang bisa diakses oleh publik. Akses yang transparan ini membuat setiap orang bisa tahu nama dan besar transaksi bitcoin yang terjadi. Anda tidak perlu khawatir karena semua transaksi bitcoin tidak membutuhkan data diri pribadi seperti nama asli, nomot telpon, maupun alamat. Sehingga anda tidak perlu khawatir data anda akan dicuri. Bitcoin juga tidak diterbitkan oleh bank dan pemerintah manapun. Oleh karena itu, bitcoin bukanlah alat pembayaran yang sah. Bitcoin sering digunakan investor sebagai investasi jangka panjang. Mengapa? Karena bitcoin tidak akan terpengaruh dengan inflasi pada mata uang yang berlaku. Sehingga dianggap lebih rendah resiko rugi jika menyimpan investasi dalam bentuk bitcoin.

BTC to IDR Tentang Bitcoin ini

Bitcoin sering disingkat disebut btc sedang mengalami naik daun di indonesia. Hal itu bisa dilihat dari harga bitcoin yang terus mengalami kenaikan. Bisa dilihat dari harga BTC to IDR terakhir yaitu sekitar 437 ribu rupiah. Tentu saja, jika anda sudah membeli bitcoin sejak dulu, harganya jauh dibawah harga sekarang. Faktor inilah yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk menginvestasikan sejumlah uangnya ke dalam bitcoin. Namun, apakah benar bitcoin terbebas dari resiko rugi? Seperti yang anda ketahui, segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali bitcoin. Jika sedari tadi kita sudah membahas kelebihan bitcoin, kini kita akan menengok kekurangannya.

1.Masalah Peretasan

Salah satu hal yang paling rentan terjadi adalah direntasnya dompet bitcoin. Terjadi sebuah kasus yang menggemparkan dimana sekelompok hacker berhasil meretas elbih dari 40 juta USD bitcoin dari akun yang punya nilai kripto tinggi. Tentu saja, dengan ada insiden ini banyak orang yang segera menjual bitcoinnya lantaran takut diretas.

2.Terbatasnya Penggunaan

Pada bulan Mei 2019, perusahaan telekomunikasi raksasa bernama AT&T bergabung bersama perusahaan seperti overstock.com, Dish Network, dan Microsoft untuk menerima pembayaran berupa bitcoin.

BTC to IDR Tentang Bitcoin itu

3.Tidak Dilindungi SIPC

SIPC di Indonesia disebut sebagai Perusahaam Perlindungan Investor Sekuritas. Sayangnya, mata uang virtual tidak dilindungi oleh lembaga ini sehingga jika rugi atau diretas maka anda akan menanggung resiko tersebut seorang diri.
Poin-poin di atas merupakan beberapa kekurangan bitcoin. Meskipun kekurangannya dirasa bisa merugikan, ternyata banyak orang menilai bahwa kelebihan bitcoin masih lebih banyak daripada kekurangannya. Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya btc to idr dari waktu ke waktu. Selain itu, banyak juga masyarakat yang mulai tertarik dengan mata uang virtual. Jika anda tertarik, anda harus paham betul modal yang digunakan disini harus berupa uang dingin. Jangan sampai anda berhutang untuk bermain bitcoin. Dikhawatirkan terjadi kerugian dan anda akan terjebak di lingkaran hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *