Ketahui Apa Manfaat Asuransi Yang Paling Krusial

Ketahui Apa Manfaat Asuransi Yang Paling Krusial

Sebagai masyarakat modern, sudah barang tentu memiliki sebuah asuransi adalah hal yang bisa dikatakan paling harus dilakukan. Pasalnya hanya masyarakat modern yang mampu memiliki pandangan atau paradigma cukup bijak untuk memutuskan supaya dirinya, keluarganya, dan semua yang ia miliki agar dilindungi oleh asuransi. Karena masyarakat tradisional cenderung enggan mengeluarkan produk asuransi akibat ketidakpercayaan mereka terhadap risiko yang mungkin mengintai di masa depan.

Kesadaran akan apa manfaat asuransi juga menjadi alasan utama mengapa masyarakat modern lebih percaya terhadap produk-produk asuransi. Karena memang asuransi memiliki banyak sekali manfaat seperti berikut ini.

1.Memberikan ketenangan

Dengan memiliki salah satu produk asuransi dari jenis asuransi apapun maka setidaknya ketenangan telah didapatkan. Ketenangan yang dimaksud adalah terkait dengan terhindarnya hal yang dilindungi oleh asuransi tersebut dari risiko yang mengintainya. Tentu ketenangan menjadi hal yang amat sangat berharga sekarang ini mengingat banyak sekali risiko yang mengintai semua hal yang kita miliki baik itu nyawa, keluarga, harta, bisnis dan lain sebagainya.

apa manfaat asuransi manfaat asuransi jiwa yang perlu diketahui

2.Sebagai Investasi

Sekarang ini memang ada produk asuransi yang sekaligus juga sebagai produk investasi. Tetapi jikalau memang produk asuransi yang dipilih adalah produk asuransi yang murni, maka memaknainya sebagai investasi juga bukan suatu hal yang salah. Pasalnya dengan melindungi suatu hal menggunakan asuransi, sama saja kita telah berinvestasi untuk kehidupan yang akan datang terkait hal yang dilindungi oleh asuransi itu. Seperti halnya pemahaman terhadap investasi secara umum, keberhasilan menjaga hal yang dimiliki itu sampai di masa depan termasuk ke dalam keberhasilan investasi.

3.Meminimalkan kerugian

Memang harus diakui, memiliki asuransi itu artinya harus konsisten menyisihkan sebagian pendapatan atau harta kita untuk membayar preminya. Tetapi jika dipikir lebih jauh, dengan memiliki asuransi maka sebetulnya potensi kerugian yang mengancam dapat ditekan lebih jauh. Misalnya, ketika mengalami suatu kecelakaan dan harus melakukan perbaikan terhadap kendaraan maka biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih rendah oleh mereka yang sudah mengasuransikan kendaraan yang terlibat kecelakaan itu.

4.Membantu mengatur keuangan

Memiliki produk asuransi juga dapat membantu siapa saja mengatur keuangannya. Karena dengan adanya produk asuransi maka hal-hal tak terduga dapat dicover oleh asuransi, sehingga cash flow keuangan rutin tidak akan terganggu oleh hal-hal yang tidak terduga itu. Itulah sebabnya banyak konsultan keuangan yang menyarankan untuk menggunakan asuransi dari berbagai jenis asuransi yang ada.

apa manfaat asuransi ini Asuransi Tambahan

5.Pengalih resiko

Manfaat yang terakhir dalam daftar ini masih terkait dengan poin awal yaitu tentang memberikan ketenangan. Pasalnya dengan memiliki produk asuransi maka sama saja dengan mengalihkan risiko dari yang tadinya resiko tertanggung menjadi risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi. Karena mengetahui resiko telah dialihkan maka jelas pemilik produk asuransi alias tertanggung akan lebih tenang dari intaian resiko yang selama ini menghantui.

Itulah beberapa manfaat asuransi secara umum yang wajib diketahui oleh siapapun. Sehingga dengan mengetahui apa manfaat asuransi seperti yang sudah dijelaskan di atas, semoga dapat membuka mata banyak orang untuk mau menggunakan produk asuransi. Minimal, asuransi pokok saja seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa bagi diri sendiri maupun bagi keluarga.

Apalagi dengan adanya program asuransi kesehatan wajib yang dicanangkan oleh pemerintah seperti sekarang ini, tentu amat sangat keterlaluan rasanya jika masih saja enggan menggunakan asuransi tersebut. Karena hal tersebut merupakan bentuk paksaan dari pemerintah supaya seluruh rakyatnya terlindungi akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *