Kerinduan akan Es Mambo Kini Terobati

Kerinduan akan Es Mambo Kini Terobati

Bagi orang dewasa yang kini berusia sekitar 20 hingga 30 tahun, pasti es mambo menjadi salah satu jajanan favorit yang selalu dibeli ketika pulang sekolah. Es mambo memiliki harga yang murah dan selalu jadi incaran anak-anak untuk menyegarkan dahaga setelah seharian bersekolah. Es yang juga sering disebut sebagai es krim jadul ini, memiliki banyak varian rasa yang digemari dari es krim kacang hijau, es mambo pelangi dan banyak lagi varian rasa lain.

Es Mambo Masa Lalu

Tidak ada yang mengetahui secara pasti sejarah es dalam plastik ini. Yang jelas, sejak awal Indonesia merdeka jajanan ini sudah menjadi favorit semua orang. Nama es mambo sendiri, berasal dari kata mambo yang berarti ungkapan lain untuk menyebutkan sesuatu yang memiliki aneka warna. Karena es mambo biasanya dibuat dari sirup aneka warna, maka jadilah es manis tersebut disebut sebagai es mambo. Es ini juga dikenal dengan sebutan es lilin.

es krim kacang hijau

Es yang populer pada masanya ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Campuran larutan sirup dan air akan dimasukkan kedalam plastik yang tidak lebar lalu diikat dengan karet. Setelah itu, es bisa dimasukkan ke dalam freezer hingga membeku dan siap dinikmati di siang hari. Yang unik, untuk menikmati es lilin ini, anda bisa melepaskan karet pengikat pada bagian atas es maupun dengan cara menggigit ujung bawah plastiknya agar bisa disedot langsung.

Jaman dahulu, penjual es mambo identik dengan sepeda pancal dan termos air yang dapat menjaga kedinginan dari es mambo selama beberapa jam. Es dalam kemasan plastik ini banyak dijumpai di depan sekolah-sekolah atau wilayah perkampungan. Yang sering menjadi primadona adalah es mambo pelangi yang terbuat dari santan dan tepung hunkwe dengan tambahan pewarna makanan, hingga es kacang hijau yang dibuat dari bubur kacang hijau.

Es Mambo Masa Kini

Saat ini, es mambo kembali hadir dengan varian rasa baru yang lebih disukai anak-anak masa kini. Meskipun sudah jarang ditemui, dengan kehadiran es mambo kekinian ini paling tidak sedikit banyak mengobati kerinduan akan nikmatnya menikmati es mambo. Berbeda dari es mambo jaman dahulu, bahan membuat es lebih banyak divariasikan agar sesuai dengan selera saat ini. Seperti es mambo dengan tambahan topping atau potongan buah yang segar.

es krim kacang hijau terbaru

Es dalam kemasan plastik yang populer saat ini adalah es mambo susu dengan krim coklat di dalamnya. Varian es ini terbuat dari campuran susu cair dan kental manis yang dimasak dengan tambahan gula dan tepung maizena agar teksturnya lebih kental. Lalu yang menjadikan es mambo ini istimewa adalah penggunaan krim coklat yang dilumerkan di dalam plastik pembungkus. Es mambo berwarna putih terlihat cantik dengan corak coklat oles.

Tidak kalah populer, es mambo kekinian dibuat menggunakan yoghurt segar yang dibekukan. Memiliki rasa segar, asam dan manis es mambo yoghurt rasanya sangat cocok menjadi idola. Untuk menambah tekstur pada es, biasanya ditambahkan aneka buah-buahan seperti mangga yang dipotong kecil-kecil. Es mambo ini mengingatkan kita pada es krim kacang hijau tempo dulu yang juga dibuat dengan memasukkan biji-biji kacang untuk menambah tekstur dan rasa.

Es mambo adalah es tempo dulu yang dikemas dalam plastik panjang dan dapat dinikmati langsung dari plastiknya. Makanan yang hits pada jamannya ini, memiliki banyak penggemar hingga kini. Tak heran, meski tidak begitu banyak namun es mambo kembali muncul dengan varian rasa baru yang lebih kekinian. Dengan adanya es mambo kekinian, anda seperti diajak bernostalgia dan mengingat kembali ketika menikmati es mambo sepulang sekolah dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *