Inilah Fakta Ternyata Mewarnai Adalah Cara Mengurangi Stress yang Efisien

Tidak ada orang yang ingin mengalami stress. Stress bisa terjadi karena berbagai faktor pemicu, misalnya masalah rumah tangga, finansia, kekecewaan, dan lainnya. Stress yang tidak diatasi dengan baik dapat menimbulkan permasalahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak jarang stress berkepanjangan juga mengakibatkan perilaku menyimpang. Ciri-ciri stress adalah orang menjadi mudah marah, tidak nafsu makan, selalu terpikirkan akan hal yang memicu stress, dan tidak ingin bergaul dengan orang lain. Jika anda mengalami ciri-ciri di atas, besar kemungkinan anda sedang stress. Ada berbagai macam cara mengurangi stress, mulai dari konsul ke psikolog sampai terapi. Akhir-akhir, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mewarnai ternyata bisa mengurangi stress. Mewarnai adalah aktivitas yang sering dilakukan anak-anak, kegiatan ini memang mengasyikkan. Tapi, tidak bisa dipungkiri pada orang dewasa mewarnai bukanlah aktivitas yang menarik lagi. Ternyata, menurut penelitian jika dilakukan oleh orang dewasa, mewarna merupakan salah satu aktivitas yang mengurangi stress.
Berdasarkan penelitian, mewarnai bisa meregangkan otot dan saraf yang tegang sehingga orang yang melakukan kegiatan ini akan menjadi santai serta rileks. Anda tidak perlu khawatir jika merasa tidak pandai menggambar. Anda tidak harus menggambar dulu untuk bisa mewarnai, kini sudah banyak buku mewarnai yang memang khusus dijual untuk orang dewasa. Biasanya, pattern yang ada dalam buku mewarnai untuk orang dewasa adalah pattern mandala. Meski begitu, ada pula pattern-pattern lainnya. Mungkin anda penasaran bagaimana aktivitas anak-anak seperti mewarnai bisa mengurangi stress yang dirasakan orang dewasa? Sebenarnya inilah yang terjadi dalam tubuh ketika sedang mewarnai. Aktivitas mewarnai mengharuskan kita berfokus pada titik tertentu. Mengalihkan fokus dari kekhawatiran adalah kunci mengurangi stress. Dengan mewarnai, kita akan fokus untuk memilih warna dan mengisi rongga gambar yang masih kosong. Makanya, mewarnai adalah aktvitas ideal untuk mengalihkan kekhawatiran dari pemicu stress.
Gill Reilly, seorang terapis asal Ottawa mengungapkan bahwa kegiatan apapun asalkan bisa membuat seseorang fokus untuk mengerjakannya sebenarnya bisa mengurangi stress. Kegiatan yang paling mudah dilakukan adalah mewarnai. Maka dari itu, kegiatan ini yang paling sering dipilih untuk mengurangi stress. Mewarnai juga bisa menenangkan tubuh. Saat stress melanda, detak jantung akan meningkat. Dengan mewarnai, detak jantung akan kembali normal dan ditemukan juga perubahan pada gelombak otak atau brain waves. Aktvitas mewarnai juga melibatkan logika dan kreativitas. Sebenarnya, kita bisa melihat kondisi perasaan seseorang yang sedang mewarnai. Hal ini bisa diamati dari cara seseorang mewarnai dan juga warna-warna yang dipilihnya. Pada pola tertentu, orang yang memilih beberapa warna gelap dan terang bisa sedang mengalami stress ringan sampai sedang. Namun, ada juga sumber yang menyebutkan bahwa pemilihan warna juga dipengaruhi oleh kepribadian seseorang, tidak hanya kondisi mood saat itu. Orang yang suka dengan warna cerah cenderung akan memilih warna terang saat mewarnai.
Jika anda merasa sedang stress atau gelisah, cara mengurangi stress yang sangat direkomendasikan adalag mewarnai. Anda tidak harus pandai menggambar atau punya bakat tersendiri, yang terpenting adalah emosi anda tertuang dan mengalir. Anda bisa membeli buku mewarnai orang dewasa di toko buku. Harganya berkisar antara 40 sampai 100 ribu rupiah. Semakin banyak halaman mewarnai dan semakin besar kertasnya, maka lebih mahal pula harganya. Beberapa buku bahkan dilengkapi dengan tips mencegah stress agar tidak datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *