Ini Menu Mie Nusantara yang Ciamik

Ini Menu Mie Nusantara yang Ciamik

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki sejumlah kuliner lezat yang sayang dilewatkan. Diantara banyaknya kuliner yang ada, ternyata masakan yang terbuat dari mie masih menduduki hati tersendiri di masyarakat. Bahkan beberapa daerah di Nusantara memiliki olahan dari mie yang hingga kini laris manis di pasaran. Bukan hanya mie gomak, berikut daftar aneka olahan mie Nusantara yang siap memanjakan perut keroncongan.

Daftar Aneka Olahan Mie Nusantara yang Wajib Anda Coba

1. Mie Aceh

Mie Aceh termasuk dalam daftar olahan Mie Nusantara yang wajib Anda coba. Kuliner lezat satu ini dibuat dari mie kuning, yang kemudian ditumis bersamaan dengan campuran aneka rempah hingga mengeluarkan aroma harum. Rasanya terasa lebih nikmat berkat tambahan aneka topping sebagai teman hidangan utamanya. Beberapa topping tersebut terdiri dari cumi cumi, udang, irisan daging kepiting, serta daging sapi.

mie gomak mie aceh

Para pedagang pun akan menambahkan beberapa topping lainnya seperti bawang goreng, emping, acar, serta jeruk nipis sebagai pelengkap terbaiknya. Semua toppingnya tampak menyatu dengan tekstur mie yang kenyal, sehingga Anda akan dibuat ketagihan untuk mengkonsumsinya. Ditambah lagi dengan rasa rempahnya yang kuat namun juga menyegarkan, dijamin Anda tidak akan pernah melupakan rasanya yang begitu legit.

2. Mie Ayam

Hanya dengan mendengarnya saja, dijamin bayangan tentang olahan mie yang ditambahkan dengan beberapa topping akan terlintas di ingatan. Termasuk olahan mie nusantara yang begitu laris di pasaran, bahkan di setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam mengolah mie tersebut. Walaupun pengolahannya mungkin berbeda, namun secara garis besar semuanya serupa.

Mie Ayam Kampung mie gomak

Kuliner lezat dan mengenyangkan ini terbuat dari mie kuning yang dimasak hingga matang, kemudian ditambahkan dengan potongan sayur sawi atau selada serta daging ayam cincang yang telah diberikan bumbu. Namun ada pula pedagang yang menyajikan menu mie ayam original dan ditambahkan dengan aneka topping lainnya seperti bakso, pangsit, dan masih banyak lainnya. Perpaduan rasa manis dan gurihnya, dirasa mampu membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya.

3. Soto Mie asal Bogor

Termasuk salah satu olahan mie yang banyak dicari penggemarnya, dimana soto mie asal Bogor ini tentunya sayang untuk dilewatkan. Kuliner satu ini berisikan mie, kentang, bihun, lobak, wortel, daging, kikil, risol, serta lobak yang kemudian disiramkan dengan kuah soto. Agar rasanya semakin nikmat maka di bagian atasnya akan ditambahkan dengan bawang goreng, daun bawang, serta emping sebagai pelengkapnya.

Soto Mie Bogor mie gomak

4. Mie Celor Khas Palembang

Mie Celor tidak kalah populer dikonsumsi oleh masyarakat, berkat keunikan rasa yang dimunculkan sejak pertama kali mencobanya. Ternyata keunikan rasanya sendiri didapatkan dari kuah kaldunya yang dibuat dari udang segar, lalu dimasak bersamaan dengan campuran santan kelapa. Rasa kuliner satu ini semakin mantap, berkat taburan daun kucai serta bawang goreng yang berhasil meningkatkan nafsu makan.

Mie Celor Khas Palembang mie gomak

5. Mie asal Sibolga dan Tapanuli

Kuliner lezat yang terbuat dari bahan mie lainnya yaitu mie gomak. Sesuai dengan nama yang diberikan, mie satu ini disajikan dengan cara digomak atau digenggam menggunakan tangan sebelum akhirnya disajikan di atas piring saji. Dihadirkan dengan kuah terpisah dan ada pula yang goreng, sehingga Anda bisa memilih sesuai selera. Hanya dengan mengkonsumsi satu piringnya, dijamin tenaga akan kembali penuh seperti semula.

mie gomak medan mie sibolga tapanuli

Siapa yang tidak tergiur mencoba aneka olahan dari mie pada ulasan di atas ? Bukan hanya terkenal akan rasanya yang tidak dua, namun kelima masakan tersebut memiliki keunikan tersendiri walaupun terbuat dari bahan yang serupa yaitu mie. Berkat olahan dan dicampurkan dengan aneka rempah pilihan, dijamin rasanya akan membuat Anda ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi dan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *