Hal yang Berkaitan dengan Asuransi Kerangka Kapal

Hal yang Berkaitan dengan Asuransi Kerangka Kapal

Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang terjadi diantara tertanggung dan penanggung, dimana tertanggung akan membayarkan premi guna memperoleh pergantian, kerugian, kehilangan, kematian dan kekurangan yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak dapat diduga-duga. Tidak hanya kesehatan, hari tua, pendidikan dan asuransi jiwa, kerangka kapalpun turut dapat kita asuransikan. Asuransi kapal merupakan pertanggungan yang dapat memberikan jaminan terhadap kerugian atau kerusakan alat angkut perairan beserta dengan kelengkapannya. Objek pertanggungan dari asuransi ini adalah mesin, kerangka kapal dan peralatan yang terdapat pada kapal. Jenis kapal yang dipertanggungjawabkan oleh asuransi antara lain:

Asuransi kapal asuransi kapal laut

• Kapal penumpang
• Tanker ( kapal pembawa gas, aspal, kimia dan minyak mentah )
• Tangki kapal pendarat
• Tongkang
• Kapal kargo umum
• Kapal tunda
• Pengangkut kayu atau log
• Kapal olahraga yang terdiri dari yacht dan speed boad
• Kapal khusus seperti kapal penyelamat, kapal penangkap ikan dan kapal penelitian
• Feri ro-ro

Jaminan yang diberikan oleh asuransi telah disesuaikan dengan Institute Time Clause Hall yang menjamin kerusakan dan kerugian kapal akibat kebakaran, bahaya laut, pencurian, ledakan, pembajakan, pembuangan ke laut, kontak dengan pesawat, kelalaian nahkoda atau krew dan ledakan boiler. Asuransi juga memberikan jaminan pilihan berupa tanggung jawab hukum karena terjadi kontribusi kerugian dan tabrakan kapal. Asuransi tidak akan memberikan jaminan terhadap biaya atau kerusakan yang terjadi akibat perang, tindakan jahat, pemogokan dan penggunaan energi nuklir. Untuk menutup asurasi kerangka kapal ini, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Dokumen tersebut berupa SPPA atau Surat Permohonan Penutupan Asuransi yang ditandatangani dan data kapal atau ship particular. Jika kedua dokumen tersebut tidak dilengkapi dengan semestinya, penutupan asuransi tidak dapat dilakukan. Pembayaran premi asuransi ini disesuaikan dengan penawaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tertanggung asuransi memiliki kewajiban untuk membayarkan sejumlah premi yang telah disepakati sebelumnya. Jika tertanggung lalai dalam melakukan pembayaran premi, perjanjian pertanggungan dapat dibatalkan oleh pihak penyedia asuransi kerangka kapal.

Asuransi kapal produk

Lama waktu pertanggungan polis biasanya selama 1 tahun atau jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Polis dapat dimulai efektif pada pukul 00.00 dan akan berakhir pada jam 24.00 di hari terakhir pertanggungan asuransi. Apabila terjadi perubahan managemen, penarikan sertifikat dan bendera kapal pada periode tertentu dapat dibatalkan. Kebijakan waktu memiliki pengaruh terhadap jaminan trading dan batas wilayah kapal. Ketika kapal berlayar di luar wilayahnya, polis yang tadinya ia miliki akan diakhiri. Jaminan ganti rugi pada asuransi ini akan diberikan jika mengalami kerugian total. Kerugian total dapat berupa hancurnya kapal, kapal hilang, kapal yang terbakar habis dan kapal yang tenggelam. Kerugian total konstruktif akan diberikan ketika kapal mengalami kerugian perbaikan dan biaya untuk mendapatkan kembali harga pertanggungan kapal. Pada asuransi kapal, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Hal penting tersebut berupa:

a. Kondisi tambahan dan klausul

Jaminan tambahan yang dapat memperjelas dan mendukung jaminan utama kapal yang ditanggung oleh asuransi.

b. Syarat khusus

Merupakan sebuah persyaratan pihak perusahaan asuransi kepada kapal yang ditanggung. Persyaratan wajib dilakukan oleh tertanggung di masa periode pertanggungan. Jika terjadi pelanggaran persyaratan, maka ganti rugi atau klaim asuransi tidak dapat dibayarkan.

c. Area pelayaran

Merupakan wilayah dimana kapal melakukan operasi pada masa pertanggungan. Pihak kapal wajib memberikan pemberitahuan kepada penyedia asuransi jika akan melakukan pelayaran diluar area pertanggungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *