Cara Tepat Memilih Bumbu untuk Memasak Gulai

Cara Tepat Memilih Bumbu untuk Memasak Gulai

Gulai merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Masakan ini sendiri tidak jarang menjadi menu pada tempat makan di berbagai kota. Dengan ciri khas makanan bersantan serta menggunakan daging tentu membuat banyak orang menyukainya.Namun, saat ingin memasaknya di rumah ada baiknya untuk memilih bumbu gulai dengan tepat.

Bagaimana Cara Memilih Bumbu untuk Memasak Gulai?

Gulai adalah makanan bersantan yang umumnya ditambahkan dengan berbagai varian daging. Seperti sapi, kambing, hingga ayam, dan masih banyak lagi.Terkadang seseorang juga memasaknya dengan menambahkan campuran sayur. Gulai sendiri termasuk sebagai makanan tradisional yang kaya akan rempah rempah. Untuk itu wajib mengetahui cara memilih bumbunya di bawah ini:

bumbu siap saji Memasak Gulai tahu

1. Pilih bumbu sesuai jenis gulai

Di Indonesia memang memiliki jenis gulai yang sangat beragam.Diantaranya seperti gulai ayam, gulai kepala ikan, gulai kambing, gulai sapi, gulai singkong, hingga gulai nangka muda.Umumnya beberapa toko juga sudah menyediakan bumbu instan untuk memasak gulai tersebut.Namun, ada baiknya untuk memilih bumbu sesuai dengan jenis gulai yang ingin dibuat.

Dengan begitu rasa gulai yang dibuat akan lebih pas dan lezat. Pasalnya, setiap bahan dasar yang digunakan tentu akan mempengaruhi rasa gulai yang akan dihasilkan nantinya. Hal ini berarti apabila Anda ingin memasak gulai ayam maka pilihlah bumbu yang sesuai.Yakni bumbu yang memang menggunakan ayam.

2. Perhatikan bentuk bumbunya

Umumnya, terdapat dua jenis bentuk bumbu yang biasa dijual dipasaran yakni bumbu berbentuk bubuk serta pasta. Dua jenis bumbu tersebut bisa Anda pilih salah satu sesuai dengan selera. Terlebih kedua jenis bumbu tersebut dapat digunakan dengan cara yang praktis dan mudah. Hanya saja kedua bumbu tersebut memiliki tanggal kadaluarsa sehingga sangat perlu diperhatikan saat ingin menggunakannya.

Bumbu yang berbentuk bubuk umumnya memiliki karakter seperti bubuk. Anda hanya perlu memasukkan bumbu tersebut ke dalam kuah tanpa perlu menumisnya. Sementara bumbu berbentuk pasta akan terlihat menyerupai bumbu yang sudah diulek atau dihaluskan. Jika memilih bumbu ini maka Anda perlu menumisnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah.

3. Pilih bumbu yang dilengkapi santan

Seperti yang diketahui, gulai merupakan salah satu jenis makanan bersantan. Untuk itu, agar proses memasak yang dilakukan lebih praktis tidak ada salahnya untuk memilih bumbu yang sudah dilengkapi dengan santan. Dengan begitu, tidak perlu kerepotan lagi dalam menyiapkan santan secara terpisah.

Jika terpaksa membeli bumbu gulai tanpa adanya santan, maka sebagai solusinya Anda bisa memesan santan bubuk yang juga dijual di pasaran.Hanya saja Anda perlu menyiapkan sendiri santan tersebut karena tidak tersedia langsung di dalam bumbu.

4. Sesuaikan jumlah porsi

Dalam membeli bumbu untuk memasak gulai juga perlu memperhatikan jumlah porsi penyajian.Anda bisa menyesuaikan jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan.Umumnya jumlah porsi penyajian ini sendiri dapat diketahui pada setiap kemasan produk. Sebagai contoh kemasan bumbu yang berisi 45 gram, maka akan cocok untuk 3-4 porsi gulai saja.

bumbu siap saji Memasak Gulai

Agar gulai yang dibuat memiliki cita rasa yang pas, maka Anda perlu membuatnya sesuai dengan takaran yang sudah disediakan pada kemasan produk.Apabila ingin memasak lebih dari 4 porsi maka Anda memerlukan lebih dari 45 gram bumbu untuk memasaknya agar sajian yang dibuat sesuai dengan porsinya.

Contohnya saja di dalam satu keluarga terdiri dari banyak orang maka tentu akan ada banyak jumlah bumbu yang diperlukan. Itulah mengapa sangat penting memperhatikan dan menyesuaikan jumlah porsi penyajian dengan orang yang ingin mengonsumsinya.

Itulah beberapa cara memilih bumbu untuk memasak gulai yang bisa Anda ketahui. Gulai ini sendiri sangat cocok disajikan sebagai santapan sehari-hari di rumah atau acara keluarga besar.Anda bahkan bisa memasaknya dengan praktis dan mudah dengan menggunakan bumbu yang sudah tersedia di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *