Cara Mengatasi SIM Card Tak Terbaca

Cara Mengatasi SIM Card Tak Terbaca

Pernahkah tiba-tiba SIM card yang kalian miliki tidak terbaca di perangkat kalian? Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu terutama jika kalian baru saja beli paket data. Maka otomatis paket data tersebut tidak bisa digunakan karena tidak ada sinyal. Sebagus apapun smartphone yang dimiliki bila tidak bisa membaca SIM card maka hal tersebut akan sia-sia saja.

Penyebab SIM card tidak terbaca

SIM card yang tidak terbaca oleh perangkat sebenarnya tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa contoh penyebab yang paling sering terjadi.

beli paket data SIM Card Tidak Terbaca Simak Cara Mengatasinya

1.   SIM card sudah terlalu lama digunakan

Masa pakai kartu ternyata juga memengaruhi kualitasnya. Semakin lama dipakai maka kualitas SIM card tersebut akan semakin menurun karena material yang ada di dalamnya sudah terdegradasi. Idealnya, setiap SIM card mulai mengalami degradasi ketika sudah berusia 3-5 tahun. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua SIM card karena ada juga kartu yang lumayan awet.

2.   Material kuningan sudah rusak

Di dalam SIM card terdapat komponen-komponen yang berukuran cukup kecil. Komponen tersebut biasanya terbuat dari kuningan dan memiliki fungsi penting sebagai penyimpan data penggunanya. Material tersebut bisa rusak seiring berjalannya waktu atau akibat pengguna yang terlalu sering memindahkan SIM card ke perangkat lain.
Hal tersebut akan membuat kartu lebih sering mendapat gesekan sehingga merusak komponennya bisa rusak dan tidak bisa dibaca oleh smartphone kalian. Oleh sebab itu, sebaiknya jika kalian memiliki lebih dari 1 smartphone sebaiknya gunakan SIM card yang berbeda.

3.   Terlalu panas (overheat)

 Perangkat yang terlalu panas sangat mungkin akan mengganggu kinerja SIM card. Smartphone terutama yang memiliki OS android biasanya mudah sekali mengalami overheat sehingga hal tersebut memengaruhi komponen-komponennya. Pada umumnya, letak SIM card berdekatan dengan komponen yang mudah panas sehingga jika suhunya sudah terlalu tinggi maka komponen di dalam SIM card bisa terganggu atau bahkan rusak.

Membuat SIM card bisa terbaca lagi

Setelah mengetahui penyebab SIM card tidak terbaca maka tidak ada salahnya jika kalian mengetahui cara bagaimana membuat kartu tersebut bisa dibaca kembali. Caranya juga cukup mudah dilakukan.berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

beli paket data cara mengatasi sim card error di android

1.   Membersihkan SIM card

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah membersihkan slot SIM card di perangkat kalian. Jika perlu kalian bisa membersihkannya secara teratur menggunakan lap yang lembut. Setelah dibersihkan selanjutnya kalian bisa langsung mencoba mengaktifkan SIM card kembali.

2.   Menonaktifkan perangkat

Jika cara pertama belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah mematikan smartphone kalian. Selanjutnya kalian bisa memindahkan SIM card tersebut ke perangkat lain untuk menguji kartu tersebut. jika perangkat lain ternyata bisa membaca SIM card kalian maka kerusakan sebenarnya ada di kartu kalian namun jika perangkat lain tetap tidak bisa membaca kartu tersebut maka kartu kalian yang rusak sehingga harus diperbaiki atau diganti.

3.   Konsultasi ke operator

Jika cara-cara di atas masih belum berhasil maka hal terakhir yang bisa kalian lakukan adalah menghubungi layanan pelanggan operator seluler kalian. Selain untuk bertanya kalian juga bisa memperbaiki SIM card langsung kepada ahlinya. Namun, jika ternyata kartu tersebut sudah tidak bisa diperbaiki maka kalian bisa menggantinya dengan kartu yang baru namun dengan nomor yang sama.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi SIM card yang tidak terbaca oleh perangkat smartphone kalian. Ingat baik smartphone android atau Iphone bisa mengalami hal tersebut sehingga sebaiknya kalian selalu berhati-hati. Tentu kalian tidak ingin bukan membuang-buang waktu dan tenaga setelah beli paket data terbaru?
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *