Bukan Hanya Teman Bermain, Berikut 6 Manfaat Hewan Peliharaan untuk Anak

Bukan Hanya Teman Bermain, Berikut 6 Manfaat Hewan Peliharaan untuk Anak

Bagi sebagian orang tua enggan memelihara binatang di rumah, dengan alasan sulit untuk mengurusnya. Namun anda perlu tahu bahwa memiliki hewan kesayangan, sangat baik untuk tumbuh kembang si anak. Tidak hanya sebagai teman bermain si kecil, hewan peliharaan dan anak akan hidup berdampingan. Secara tidak langsung cara tersebut akan melatih kecerdasan emosial anak. Ulasan berikut menjadi alasan mengapa memeliharanya.

Keuntungan Memelihara Binatang untuk Perkembangan Anak

1. Melatih Tanggung Jawab

Belajar tidak harus berasal dari guru di sekolah, tapi juga dari lingkungan sekitar. Kehadiran binatang di rumah akan mengajak anak bertanggung jawab. Cobalah biarkan si kecil memberi makan dan minum, atau ajak membersihkan kandangnya. Dengan cara tersebut akan menumbuhkan rasa tanggung jawab, nantinya Ia tidak ragu dalam mengambil keputusan. Selain itu sifat kasih sayang akan muncul secara alami dari si buah hati.

Hewan Peliharaan liar bersahabat

2. Belajar Berempati

Orang tua perlu memberi pengertian, bahwa hewan juga butuh kasih sayang dan perhatian. Hidup mereka bergantung pada manusia untuk bermain, makan, minum dan perlu dihibur. Si kecil akan belajar memahami kondisi hewan, kapan saja binatang membutuhkan pertolongan. Para peneliti di Universitas Kansas membuktikan bahwa rasa empati anak, akan tumbuh disaat Ia memelihara hewan kesayangan di rumah.

3. Meningkatkan Daya Aktif

Usia anak cenderung suka bermain game dan menonton TV, membuat orang tua pusing cara menguranginya. Maka untuk menyalurkan daya aktif anak, disarankan memelihara hewan untuk pengalihan waktu senggang. Keberadaan hewan akan meningkatkan aktivitas fisik, sehingga si kecil aktif bergerak. Umumnya anak akan mengajak binatang untuk bermain, apapun kegiatannya yang terpenting seru dan menyenangkan.

4. Mendorong Kepercayaan Diri Anak

Binatang peliharaan mampu mencintai tuannya apa adanya, dan tempat curhat yang tidak pernah menghakimi. Hal tersebut yang membuat anak merasa nyaman, untuk berada di dekat mereka setiap hari. Anak cenderung mempunyai kepercayaan diri yang lebih, sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ketika berkumpul dengan sebayanya anak mempunyai topik, untuk menjadi bahan pembicaraan.

5. Menurunkan Resiko Alergi

Anak yang tumbuh bersama hewan kesayangan di rumah, cenderung memiliki sistem imun yang kuat. Kemungkinan terjadinya alergi sangat kecil, dan menjadi terapi asma yang kian menurun. Memiliki hewan peliharaan mampu menangkal infeksi flu dan batuk, karena terbiasa berinteraksi dengan binatang. Anak akan tumbuh dengan fisik dan mental yang sehat, serta lebih ceria daripada lainnya.

mau tau persahabatan manusia dengan Hewan Peliharaan

6. Melatih Kecerdasan Emosional

Buat agenda anak dan hewan kesayangan untuk jalan-jalan sore, atau saling membantu untuk memandikannya. Kegiatan seperti ini akan membantu keluarga tumbuh lebih kuat, dan membangun emosional yang lebih kuat. Sekaligus mengungkapkan kepada anak betapa senangnya si hewan, hidup berdampingan dengan anak dan keluarga.

Mengurus binatang tercinta membuat anak belajar, terkait kecerdasan emosional. Orang tua bisa melihatnya dari cara anak berkomunikasi, atau bermain bersama hewan. Nantinya anak lebih paham bagaimana caranya bersosialisasi, dan menempatkan cara bicara di masyarakat. Karena saat kecil anak terbiasa bercerita apapun kepada hewan, yang didalam imajinasi anak adalah lawan bicara yang baik.

Memutuskan hidup bersama hewan memang tidak mudah, karena harus bertanggung jawab untuk mengurusnya. Namun keputusan tersebut bukanlah sesuatu yang buruk, karena kehadiran hewan membuat kesehatan mental lebih baik. Terutama bagi anda yang memiliki anak kecil, keberadaan hewan di rumah akan membantu stimulasi kecerdasan si buah hati. Anak akan belajar tentang cara berempati, dan mengasihi sesama makhluk hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *