Berikut Macam-macam Khitanan Di Indonesia Via Situs Homecare Assistance Tracy

Situs Homecare Assistance Tracy menyuguhkan berbagai macam informasi, tidak terkecuali mengenai khitanan yang ada di Indonesia. Di Indonesia pun juga memiliki berbagai macam ritual yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Ritual tersebut tentu menyesuaikan dengan kebiasaan dari masing-masing masyarakat. Berikut ulasan tentang beberapa macam khitan dari berbagai daerah.
Jenis-Jenis Ritual Sunat Yang Ada Di Indonesia
1. Ritual Khitanan Di Sunda
Wilayah sunda memang tidak jauh dari kota Bandung dan sekitarnya. Lokasi ini masih sangat kental dengan berbagai macam adat istiadatnya. Tidak terkecuali pula, adat atau ritual khitanan yang ada di sana. Ritual khitan yang diselenggarakan masyarakat sunda ini merupakan sebuah kombinasi dari hukum Islam dan juga tradisi di masyarakat.
Sehingga ritual yang dihasilkan dari penggabungan tersebut sangat unik dan berbeda daripada yang lain. Pada zaman lampau, orang-orang sunda umumnya menggunakan jasa bengkok yang menjadi alat untuk prosesi khitan. Jasa bengkok tersebut terbuat dari bambu biasa yang dibentuk hingga tajam menyerupai pisau.
Anak-anak yang dikhitan akan diletakkan pada tanduk yang berbentuk singa, dan mereka dibawa keliling menggunakan tanduk tersebut. Tradisi ini juga disebut dengan sisingaan dan dibawa keliling oleh masyarakat desa memutari beberapa titik yang sudah ditentukan. Orang lain pun bisa menyaksikan iring-iringan tersebut.
2. Sunatan Di Yogyakarta
Daerah istimewa Yogyakarta memang sangat erat kaitannya dengan berbagai jenis ritual dan adat yang unik hingga yang aneh sekalipun. Ritual sunat atau khitan yang diselenggarakan di Jogja memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat. Hal tersebut memang sudah menjadi kebiasaan orang-orang yang berada disana bahwa acara khitan harus dilakukan dengan meriah.
Ritual khitan yang ada di Jogja jika dilansir dari website Homecare Assistance Tracy memiliki beberapa tahapan yakni majang, tarub, siraman, ngabekten, hingga gress. Majang sendiri maksudnya memasang sebuah bleketepe pada rumah yang punya hajat. Sedangkan tarub adalah pemasangan janur kuning dan peneduh pada rumah yang mengadakan khitanan.
Siraman dan ngabekten sendiri yakni ritual memandikan anak yang sedang disunat tersebut dengan menggunakan berbagai jenis bunga-bungaan yang wangi. Dan gress adalah pemotongan kulit kepala pada kemaluan si anak. Prosesi ini sudah menjadi adat istiadat warga sekitar sehingga tidak heran prosesnya sangat panjang.
3. Ritual Sunatan Di Aceh
Ritual sunatan di Aceh jika dilansir pada situs Homecare Assistance Tracy tergolong cukup unik. Sama halnya dengan di Jogja, prosesi sunatan yang ada di Aceh tersebut juga memiliki beberapa tahapan yakni duduk rami atau bisa disebut dengan persiapan keluarga untuk melaksanakan khitan.
Lalu terdapat bainai yaitu memakaikan pacar pada kuku anak yang sedang dikhitan. Dilanjutkan dengan sauntiang yang dilakukan oleh beberapa sesepuh dalam keluarga yang mengadakan khitan untuk memberikan pemberkatan adat. Dan dilanjutkan dengan meletakkan anak di panggung agar dapat besalaman bergantian dengan tamu.
Ritual yang terakhir yakni memandikan anak yang akan disunat tersebut. Memandikannya pun menggunakan bunga-bungaan yang mengeluarkan bau wangi. Ritual ini dilakukan tidak hanya pada anak laki-laki saja. Namun, juga pada anak-anak berjenis kelamin perempuan. Yang membedakan hanya pada prosesi pemotongan saja, laki-laki lebih terbuka dan perempuan tertutup.
Itulah beberapa ritual yang khitan yang ada di Indonesia yang dilansir dari sebuah website yang berisikan berbagai macam informasi. Informasi tersebut juga mengenai berbagai macam khitan yang terjadi diberbagai daerah yang ada di Indonesia. Selain mengenai khitanan, Anda bisa mendapatkan informasi penting lainnya mengenai lifestyle pada situs tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *