Baik kah Jika Panas Terik Makan Eskrim?

Baik kah Jika Panas Terik Makan Eskrim?

Saat matahari tengah terik atau panas, mungkin banyak orang yang berfikir untuk mengkonsumsi minuman atau makanan dingin. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi eskrim yang dingin sehingga melegakan tenggorokan karena terik matahari. Namun sebenarnya, makan es krim rasa vanilla atau rasa lain saat cuaca terik tidak dianjurkan. Apalagi untuk anak anak karena bisa terserang penyakit. Berikut ulasan selengkapnya.

Apakah Baik Makan Eksrim Saat Cuaca Terik?

Ketika cuaca terik, biasanya banyak orang yang mendinginkannya dengan mengkonsumsi eskrim. Begitu pula saat udara dingin, maka banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi makanan pedas ataupun panas. Padahal, menurut ilmuwan makanan pedas yang mampu untuk menurunkan suhu tubuh bukan minuman dingin. Menurut direktur Gastroenterology di Johns Hopkins Hospital, makan makanan yang dingin dapat menyejukkan secara sistematik.

es krim rasa vanilla Ibu Hamil Makan Es Krim

Namun meskipun begitu, efeknya hanya akan bertahan selama 15 hingga 20 menit sebelum eskrim menghasilkan efek sebaliknya. Bagian tubuh yang bersentuhan dengan eskrim akan menjadi dingin karena panasnya dipindahkan ke eskrim. Namun setelah proses pencernaan berjalan, suhu tubuh akan meningkat. Pasalnya tubuh akan bekerja dengan mencerna dan menyerap nutrisi dari eskrim sekaligus untuk menyimpan kalori.

Tubuh akan merespon hilangnya energi panas untuk meningkatkan aliran darah ke daerah yang dingin. Hasilnya tubuh akan kembali seperti semula. Sehingga mengkonsumsi makanan dingin seperti eskrim rasa vanila tidak akan mengubah keseluruhan temperatur tubuh. Alangkah baiknya anda mengkonsumsi makanan pedas saat cuaca sedang terik. Panas dari makanan pedas akan membuat tubuh menjadi lebih sejuk.

Mungkin pendapat ini tidak terdengar logis, namun anda bisa membuktikan sendiri kebenarannya. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, maka tubuh anda akan berkeringat da menguap saat terkena angin. Sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sejuk dan segar. Makanan pedas juga dapat mempercepat aliran darah ke kulit sehingga kulit memerah yang akan mengakibatkan kenaikan suhu. Setelah kulit anda memerah, maka anda akan merasa lebih sejuk.

Makanan Pengganti Eskrim yang Buat Tubuh Sejuk

Saat musim kemarau, banyak orang yang mulai enggan untuk menerapkan konsumsi makanan seimbang. Padahal ini adalah bagian penting yang akan membuat tubuh menjadi tetap segar saat memasuki musim kemarau. Beberapa makanan penting untuk dikonsumsi agar menghindari dehidrasi yang berlebih pada tubuh. Tubuh akan membutuhkan asupan ekstra ketika sudah memasuki musim kemarau.

es krim rasa vanilla

Ketika cuaca panas, maka usahakan untuk minum air putih sebanyak banyaknya untuk menghindari dehidrasi. Anda harus rajin untuk mengkonsumsi air putih agar terhindar dari lemas dan tubuh kurang cairan. Namun usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman dingin atau eksrim atau hidangan dingin lainnya. Hindari untuk mengkonsumsi minuman dingin tersebut selama musim kemarau.

Selain itu anda juga harus memilih buah sebagai hidangan penutup. Selain segar, buah juga mengandung banyak vitamin yang berguna untuk tubuh. Apalagi jika sedang berada di musim kemarau dan sedang melakukan diet. Musim panas juga merupakan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi sayuran lebih banyak dari biasanya. Bagi anda yang tidak suka untuk memasak, anda bisa menjadikan buah dan sayur sebagai salad.

Eksrim memang salah satu makanan favorit yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan. Dengan mengkonsumsi eskrim, maka tubuh akan merasa lebih segar dan mengembalikan mood lebih cepat. Namun jika sedang memasuki musim kemarau, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi eskrim. Anda harus sering untuk konsumsi air putih lebih banyak dan memenuhi kebutuhan sayur dan buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *