Arti Penting Logo dan Merek

Arti Penting Logo dan Merek

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya logo dan merek, sebab kedua istilah tersebut sering kali digunakan secara bergantian. Bila dilihat lebih dekat, logo dan merek adalah dua identitas yang berbeda namun memiliki hubungan kerja yang erat. Membicarakan merek dan logo, jika Anda ingin membuat brand atau pun logo bisa dengan menggunakan jasa Personal Branding Consultant. Namun sebelum itu, ada baiknya jika Anda tahu terlebih dahulu apa arti logo dan merek untuk bisnis.

Mengenal Apa Itu Logo

Logo dapat diartikan sebagai lambang sebuah perusahaan atau produk. Logo ini merupakan salah satu dari banyaknya komponen yang terdapat dalam sebuah merek. Selain itu, logo juga dapat diartikan sebagai ilustrasi grafis dari identitas merek perusahaan, representasi visual sehingga mudah dikenal sebagai nama, simbol, merek dagang, ataupun warna yang ditetapkan. Logo juga dapat dijadikan sebagai tanda tangan merek dari sebuah perusahaan atau produk.

Personal Branding Consultant Branding Identity Logo Design Explained

Logo sendiri, dibuat mudah berkomunikasi dengan pelanggan dan memiliki posisi citra dalam perusahaan. Terkadang adanya logo yang sudah mapan bisa memberikan manfaat yang besar dan juga menggambarkan citra dari perusahaan, entah itu yang baik ataupun buruk. Untuk itu, merancang sebuah logo tidak boleh dianggap enteng. Biasanya logo yang ideal harus bisa mewujudkan jiwa dan jantung dari sebuah perusahaan, sehingga bisa menjadi representasi unik kepribadian perusahaan atau produk.

Mengenal Apa itu Merek

Merek atau brand merupakan suatu kepribadian yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau produk. Biasanya merek ini akan mencakup filosofi dari perusahaan, budaya, serta produk atau jasa. Dapat dikatakan bahwa setiap merek akan memberikan pengalaman unik kepada para pelanggan dalam waktu jangka panjang, serta membentuk afiliasi dengan nama merek perusahaan. Sebuah merek juga digunakan untuk membedakan perusahaan atau produk dari para pesaingnya.

Perusahaan yang berhasil menciptakan identitas merek yang mudah diingat dan menarik bagi konsumen, biasanya akan banyak memberikan keuntungan. Sehingga, nantinya sebuah produk atau layanan jasa yang diberikan akan lebih dikenal dengan mereknya. Tidak hanya itu, branding juga bisa digunakan sebagai citra perusahaan secara keseluruhan yang dapat dikomunikasikan melalui kartu nama, website, dan pemasaran lainnya.

Arti Penting Hubungan Antara Merek dan Logo

Logo memiliki fungsi sebagai salah satu bagian dari membangun brand sebuah perusahaan atau produk, sehingga akan langsung berhubungan dengan pelanggan. Demikian pula dengan image brand, yang dapat ditingkatkan di mata publik dengan adanya pengakuan langsung dari logo. Akan tetapi, logo bisa mendapatkan pengakuan positif di masyarakat jika sebuah perusahaan mengakui kehadiran merek tersebut telah mapan di pasar.

Personal Branding Consultant logo

Apakah logo bisa memberikan efek yang kuat? Hal ini tergantung dengan pelanggan apakah bisa menyadari dari citra merek. Jika pelanggan menyadari citra merek, maka logo tidak memberikan respon yang baik dan tidak akan memicu kesan yang baik dengan pelanggan. Untuk itu, perusahaan sangat perlu untuk fokus pada merek agar bisa mendapatkan gambaran yang lebih besar dan melihat logo sebagai bagian berharga dari strategi keseluruhan merek.

Meskipun memiliki arti yang berbeda, merek dan logo sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan atau produk. Dimana merek yang kuat akan bisa meyakinkan dimana posisi bisnis dan mendorong pertumbuhan. Sedangkan logo, adalah hasil dari merek untuk mengeksplorasi persepsi visi, misi, nilai, serta pelanggan. Sudah tahu bukan arti penting logo dan merek? Jika ingin membuat logo atau merek, tidak ada salahnya melakukan konsultasi lebih dulu di Personal Branding Consultant.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *