Apa Yang Mempengaruhi Kecepatan Provider Internet Rumah ?

Apa Yang Mempengaruhi Kecepatan Provider Internet Rumah ?

Saat ini hampir setiap rumah, memiliki layanan internet dengan jenis provider yang berbeda-beda. Mengapa demikian? Era digitalisasi menuntut banyak sekali aktivitas pekerjaan, sekolah, atau rapat dilakukan melalui media online. Oleh karena itu, memiliki provider internet rumah menjadi pilihan banyak orang demi mengikuti arus kebutuhan digital. Setiap provider menawarkan janji kecepatan dan stabilitas jaringan. Meski begitu, ada kondisi yang ternyata mempengaruhi kecepatan provider internet rumah. Berikut adalah hal yang mempengaruhi kecepatan internet rumah yang harus anda tahu :

1. Modem

Modem merupakan sumber utama asal jaringan internet. Oleh karena itu, modem menjadi faktor penting dalam mempengaruhi kecepatan akses perangkat anda terhadap internet. Modem sendiri, memiliki spesifikasi model yang sangat variatif. Modem yang banyak digunakan saat ini oleh masyarakat ialah modem dengan kecepatan 56 kbps. Modem dengan kecepatan ini masih terhitung sebagai kecepatan layanan internet yang standar dan stabil. Jika anda menginginkan kecepatan akses internet lebih tinggi, anda dapat mengganti modem anda dengan modem yang memiliki kecepatan akses lebih tinggi. Meski begitu, alangkah lebih baiknya jika anda menyesuiakan providerinternet rumah dengan kebutuhan anda terhadap layanan akses internet. Dengan begitu, internet di rumah anda bisa berfungsi secara optimal.

provider internet rumah Kegiatan Seru yang Bisa

2. Penggunaan Komputer atau Laptop

Media yang anda gunakan mampu menjadi penyebab cepat atau lambatnya kecepatan akses internet. Mengapa begitu? Sebagaimana anda tahu bahwa komputer memiliki perangkat yang terdiri dari RAM, hardisk, dan prosesor yang keseluruhannya memiliki peran penting dalam sistem kerja komputer, termasuk dalam proses menangkap internet. Jika salah satu perangkat yang anda gunakan tersebut ternyata memiliki kecepatan yang rendah, hal itu dapat mempengaruhi kecepatan akses perangkat anda terhadap internet menjadi lambat pula.

3. Bandwidth

Anda juga harus mengecek besaran bandwidth yang anda gunakan di rumah anda. Hal ini karena bandwidth juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan internet. Bandwidth sendiri mempunyai cakupan frekuensi yang nantinya akan digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Satuan yang digunakan bandwidth adalah Hertz. Semakin besar bandwidth yang anda gunakan, maka kecepatan akses anda terhadap internet juga semakin tinggi.

4. Jaringan Komunikasi

Hingga saat ini jaringan komunikasi telah bertransformasi menjadi beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Jaringan-jaringan tersebut memiliki kecepatan akses internet yang berbeda-beda. Kecepatan akses internet yang paling rendah adalah melalui line telephone. Oleh karena itu, jika anda merasa membutuhkan kecepatan akses yang lebih tinggi,anda dapat menggunakan jaringan GSM atau jaringan diatasnyayang memang memiliki kecepatan akses lebih cepat.

provider internet rumah ini

5. Jumlah Pengguna

Selain dari faktor internal provider internet rumah yang anda pilih, jumlah pengguna yang mengakses internet juga bisa mempengaruhi kecepatan akses internet anda. Apabila pengguna mengakses internet secara bersamaan, kecepatan akses internet secara otomatis akan turun. Oleh karena itu, pada saat jam sibuk atau saat internet anda diakses oleh banyak pengguna, anda akan merasa adanya penurunan kecepatan internet yang bisa diakses. Oleh karena itu, jika anda mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan kecepatan akses internet yang tinggi, upayakan dilakulam saat pengguna internet di rumah anda sedang sedikit. Dengan begitu, akses internet yang bisa anda dapatkan menjadi lebih cepat dan stabil.

Itulah hal-hal yang mempengaruhi kecepatan provider internet rumah. Pastikan anda dapat memaksimalkan segala perangkat secara tepat agar anda bisa mengakses internet dengan lebih cepat dan stabil pula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *