Agar Tetap Sehat, Berikut Tips Merawat Pasien Kronis Di Masa Pandemi

Agar Tetap Sehat, Berikut Tips Merawat Pasien Kronis Di Masa Pandemi

Sejak pandemi Covid 19 menyerang dunia, merawat pasien penyakit kronis dianggap sebagai tantangan tersendiri. Selain menjaga sekaligus memberikan dukungan, Anda sendiri pun harus mampu menjaga kesehatan tubuh agar tidak ikut tumbang di saat yang sama. Namun tidak perlu panik berlebih, karena ada beberapa tips cerdas merawat penderita penyakit kronis di masa pendemi yang bisa diterapkan.

Tips Cerdas Merawat Penderita Penyakit Kronis di Masa Pandemi

1. Mengikuti Pedoman Pencegahan Virus Corona

Hal utama dan wajib dilakukan oleh seseorang yang merawat penderita penyakit kronis, yaitu mengikuti segala pedoman pencegahan penyebaran virus corona. Mulai dari mengenakan masker kemanapun akan pergi hingga mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) wajib dikenakan setiap waktu, terutama bagi Anda yang merawatnya di rumah sakit. Sebab, rumah sakit sendiri sebenarnya sarang terbesar dimana berbagai penyakit berkumpul menjadi satu.

Pasien Di Masa Pandemi

Hal penting yang tidak boleh dilupakan selanjutnya yaitu rajin mencuci tangan dengan menerapkan teknik yang benar. Dikatakan demikian, lantaran mencuci tangan dianggap sebagai salah satu cara ampuh mencegah penularan virus corona. Hendaknya aktifitas ini bukan hanya diterapkan saat masa pandemi semata, namun Anda bisa menjadikannya sebagai gaya hidup baru yang wajib dilakukan setiap harinya.

2. Mencari Informasi Terkait Perkembangan Covid 19

Sebagai seseorang yang merawat pasien penyakit kronis, maka penting untuk mengetahui berbagai perkembangan Covid 19 di wilayah sekitar hunian. Usai mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan, pastikan semua data tersebut didapatkan dari sumber yang valid. Penting pula untuk tidak terlalu panik, karena hal ini dapat menurunkan mental dan emosi seseorang yang justru dapat menurunkan imun tubuh.

3. Beristirahat Apabila Merasa Lelah

Walaupun tampak sederhana, nyatanya merawat penderita penyakit kronis akan menyita perhatian hingga menguras tenaga dan waktu yang cukup banyak. Ditambah lagi di masa pandemi ini, Anda diwajibkan dua kali lebih waspada agar tidak ikut tertular virus mematikan tersebut. Sedangkan di lain sisi, rasa lelah membuat seseorang merasa stres bahkan tanpa disadarinya. Apabila merasa lelah baik fisik maupun mental, sebaiknya ambil waktu beristirahat sejenak.

4. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

Merawat seorang penderita penyakit kronis mungkin memang menjadi fokus utama Anda, namun jangan sampai lupa bahwa kesehatan tubuh sendiri perlu diperhatikan. Pasalnya kesejahteraan penderita, juga bergantung pada orang yang telah merawatnya. Ketika Anda mulai merasa sakit, lalu siapa yang akan menggantikan untuk menjaga dan merawat mereka selagi Anda beristirahat ?

Pasien Kronis Di Masa Pandemi

5. Tidak Lupa Memberikan Dukungan

Seseorang yang mengidap penyakit kronis bukan hanya membutuhkan seseorang yang dapat menemaninya setiap hari, namun mereka juga membutuhkan adanya dukungan moral terutama dari anggota keluarga tercintanya. Sayangnya di masa pandemi ini, jumlah pengunjung orang sakit pun semakin dibatasi demi menekan angka penularan lebih banyak. Tidak habis akal, karena Anda masih dapat memberikan dukungan dengan memanfaatkan teknologi canggih.

Dengan kata lain, Anda bisa memberikan dukungan melalui telephone ataupun video call agar komunikasi terus berjalan lancar. Bukan hanya dukungan semata, namun jangan lupa menanyakan perkembangan kesehatan dari penderita maupun keluarga yang menemani disana. Walaupun terkesan sepele, ternyata dukungan tersebut seakan menjadi vitamin terbaik agar mereka lebih bersemangat untuk bisa sembuh dari penyakitnya.

Angka penularan virus Covid 19 terus mengalami peningkatan, yang berarti rumah sakit di berbagai wilayah telah dipenuhi dengan penderita virus tersebut. Sayangnya di waktu yang sama, Anda sendiri harus merawat penderita penyakit kronis yang tentunya sangat membutuhkan dukungan dari orang tersayangnya. Sebagai langkah pencegahan, dianjurkan untuk menerapkan tips pada ulasan di atas agar tubuh tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *