5 Tips Membaca Data API secara Offline, Anda Harus Tahu!

5 Tips Membaca Data API secara Offline, Anda Harus Tahu!

Dokumentasi merupakan sebuah kitab paling shahih yang harus dipelajari dan juga dibaca oleh para programmer. Anda bisa menemukannya pada sebuah website resmi, namun terkadang ada sebuah kondisi tertentu yang membuat anda harus membaca dokumentasi tanpa adanya koneksi internet. Berikut adalah beberapa tips untuk membaca dokumentasi API secara offline.

5 Tips Membaca Data API secara Offline untuk Para Programmer

1. File Dokumentasi di Linux

Tips pertama yang harus anda lakukan agar bisa membaca sebuah dokumentasi tanpa jaringan internet adalah dengan menyimpan file dokumentasi yang ada pada Linux. Linux ini sendiri adalah sebuah tempat penyimpanan seluruh file dokumentasi pada sebuah direktori /usr/share/doc.

Membaca Data API secara Offline dokumentasi API itu

Seluruh aplikasi dan juga library yang telah anda install, akan ada dokumentasinya pada Linux tersebut. Untuk isi dari dokumentasi tersebut juga sangatlah beragam, ada yang hanya berisi sebuah penjelasan mengenai lisensi dan changelog dan juga ada yang berisi penjelasan mengenai bahasa-bahasa pemrograman yang sangat lengkap.

2. Man, Info dan Help di Linux

Anda juga bisa membuka sebuah dokumentasi melalui perintah man, info, dan juga help yang ada pada sistem operasi Linux. Untuk perintah man dan info biasanya dipakai sebagai penampilan secara manual dari sebuah program yang lengkap. Sedangkan, perintah help akan menampilkan sebuah bantuan yang hanya secara singkat saja.

Akan tetapi, perlu anda tahu, jika tidak seluruh perintah akan mempunyai halaman manualnya (man page). Oleh karena itu, anda bisa memakai opsi yang lainnya yaitu perintah help pada sistem operasi Linux. Dengan begitu, anda bisa membuka dan juga membaca dokumentasi termasuk juga dokumentasi API secara offline.

3. Gunakan Aplikasi KHelpCenter

Tips selanjutnya agar bisa membuka sebuah dokumentasi dengan offline adalah memakai aplikasi KHelpCenter. Aplikasi yang satu ini merupakan sebuah software dengan berbasis GUI yang berisikan informasi penjelasan mengenai aplikasi di KDE. KHelpCenter ini juga terdapat pada KDE secara default.

Dengan menggunakan KHelpCenter ini, maka para programmer akan bisa membaca dokumentasi tentang aplikasi-aplikasi KDE yang telah terinstall. Hal ini karena memang KHelpCenter tersebut adalah sebuah buku manual untuk aplikasi. Anda tidak perlu bingung lagi untuk membaca dokumentasi aplikasi KDE yang anda miliki tanpa adanya koneksi internet.

4. Gunakan Aplikasi Devhelp

Aplikasi Devhelp merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membaca data API dari GNOME. Devhelp sendiri terdiri dari beberapa dokumentasi mengenai GDK 3, GObject, ATK, Glib, GIO, dan juga pango. Disamping itu, tentu saja data GTK+ yang merupakan sebuah teknologi dasar dari GNOME tersebut juga ada. Anda bisa menginstall Devhelp dengan perintah ‘sudo apt install devhelp’.

Membaca Data API secara Offline dokumentasi API ini

5. Bangun Sendiri Dokumentasinya

Tips terakhir yang bisa anda lakukan untuk membaca dokumentasi dengan offline adalah membangun sebuah dokumentasinya sendiri. Hal ini bisa mengantisipasi data-data yang tidak tersedia pada aplikasi-aplikasi seperti Devhelp, KHelpCenter, dan juga aplikasi lainnya. Dengan begitu anda masih tetap bisa membaca data-datanya melalui
cara tersebut.

Biasanya, anda bisa membuat dokumentasi sendiri dengan sebuah static site generator seperti Hugo dan juga Jekyll. Anda bisa mencari informasi mengenai cara pembuatan dokumentasinya lebih lanjut pada website-website yang telah tersedia. Pelajarilah caranya dengan tepat dan cermat sehingga anda bisa membangun dokumentasinya dengan baik dan benar.

Nah, itulah berbagai tips yang bisa anda lakukan untuk membaca sebuah dokumentasi termasuk data API tanpa adanya internet. Anda bisa menerapkan hal-hal tersebut tanpa khawatir akan kehabisan kuota dan juga bandwidth. Tentu saja, proses-prosesnya juga akan lebih cepat dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *