5 Perbedaan Visa dan MasterCard yang Perlu Anda Ketahui

5 Perbedaan Visa dan MasterCard yang Perlu Anda Ketahui

Dua provider kartu ini sudah tidak asing, di kalangan pengguna kartu kredit dan debit. Di setiap kartu biasanya tertera logo, di sebelah kanan bawahnya. Sekilas dilihat rupa kartu kedua provider ini tampak mirip. Meskipun keduanya memberikan fasiltas yang sama, namun anda perlu tahu perbedaan Visa dan MasterCard. Karena tidak semua merchant bekerjasama dengan kedua provider. Simak ulasan berikut untuk mengetahui bedanya.

Kenali Perbedaannya untuk Kemudahan Bertransaksi

1. Perusahaan Provider yang Berbeda

Kartu Visa merupakan produk dari Visa International Service Association (VISA. INC). Kantornya berlokasi di Foster City di Amerika Serikat, dan berdiri sejak tahun 1955. Sedangkan MasterCard dikeluarkan oleh perusahaan MasterCard International. Kedua provider menawarkan teknologi pembayaran global. Mereka bertindak sebagai peghubung antara merchant dengan kartu kredit, berguna untk kemudahan pembayaran.

perbedaan visa dan mastercard anda

2. Tingkat Popularitas Provider

Baik Visa maupun MasterCard keduanya saling mendominasi pasar, dan popularitasnya seimbang. Masing-masing kartu mampu meningkatkan pangsa pasarnya, serta bergerak secara signifikan. Secara umum kartu Visa lebih populer di negara Asia, sedangkan MasterCard penggunanya banyak berasal dari Amerika dan Eropa. Di Indonesia anda bisa dengan mudah menemukan merchant, yang bekerjasama dengan kedua provider tersebut.

3. Sistem Keamanan

Pengguna lebih menyukai kartu dengan tingkat keamanan ketat. Mengingat terkadang oknum tidak bertanggung jawab, terlampau melewati batas privasi dan merugikan. Visa menawarkan keunggulan Verified by Visa, yaitu skema otentikasi menggunakan pin statis atau One Time Password (OTP). Kemudian OTP langsung dikirim ke nomor telepon genggam pengguna.

Sementara sistem keamanan MasterCard menggunakan proteksi secure code, atau pin tambahan. Skema proteksi ini bisa digunakan ketika pengguna, sedang melakukan transaksi online. Khusus pin MasterCard dapat dibuat sendiri oleh pengguna secara online. Baik Visa ataupun MasterCard sama-sama mengandalkan teknologi terkini.

4. Jenis Kartu yang Digunakan

Visa memiliki dua jenis kartu kredit dengan keunggulan, pembaruan ini lebih unggul dibanding tipe sebelumnya. Pertama terdapat Visa Signature untuk kalangan eksklusif, karena hanya dapat dimiliki oleh orang berpenghasilan tinggi. Biasanya sekelas pengusaha besar atau profesional, dengan pendapatan 20 juta per bulan. Limit yang ditawatkan mulai dari 40 juta hingga 1 miliar rupiah.

perbedaan visa dan mastercard ini macam macam

Berada diatas Visa Signature terdapat Visa Infinite, yang dimiliki oleh pemegang aset tunai sebesar 1 miliar rupiah. Atau profesi dengan minimal penghasilan 250 juta per bulan, dan memiliki investasi di bank penerbit kartu. Privilege yang didapatkan nasabah berupa transaksi tanpa batas.

Disamping itu MasterCard turut menjaring nasabah kelas premium, melalui World MasterCard dan World Elite MasterCard. Untuk kartu World MasterCard nasabah harus mempunyai penghasilan, minimal 20 juta per bulan. Sedangkan kelas World Elite MasterCard menawarkan kalangan orang nomer satu. Tentunya dengan penawaran eksklusif berupa promo perjalanan, penginapan, hingga dinner di restoran mewah.

5. Beban Biaya Transaksi

Perbedaan Visa dan MasterCard yang paling mencolok, ialah biaya tambahan yang dibebankan ke pengguna. Visa mengenakan biaya 1 persen dari total transaksi, sedangkan MasterCard mulai dari 0,2 hingga 1 persen tergantung jenis merchant. Selain itu jenis promo dan reward yang diberikan juga berbeda, sesuai besaran transkasi.

Keberadaan kartu kredit terkadang sangat diperlukan, untuk kemudahan bertransaksi. Budaya cashless sepertinya mulai trend di kalangan masyarakat, terbukti dari penggunaan Visa dan MasterCard yang meroket. Kedua provider menawarkan keuntungan dengan trasaksi, dalam satu kali gesek. Mempunyai jenis kartu dengan tingkat keamanan, dan kenyamanan nomer satu untuk pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *