5 Langkah Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Menurut WHO

5 Langkah Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Menurut WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) atau WHO telah menyarankan setiap orang untuk selalu mencuci tangan demi mencegah penyebaran virus corona. Gerakan cuci tangan sangat diperlukan untuk menghindari penularan penyakit melalui tangan. Mencuci dengan menggunakan sabun menjadi salah satu tindakan sanitasi untuk pencegahan penyebaran virus. Oleh karena itu, berikut akan diulas langkah mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO.

Langkah Mencuci Tangan

1. Basahi tangan dan tuangkan handwash di telapak tangan

Langkah yang pertama adalah membasahi tangan. Usahakan saat membasahi tangan ini menggunakan air yang mengalir seperti air kran. Karena dengan begitu, kuman-kuman yang ada di tangan akan ikut bersama air yang mengalir. Basahi hingga ke seluruh bagian telapak tangan. Jangan sampai ada bagian telapak tangan tertentu yang belum terkena air dan perhatikan juga tiap ujung jari tangan.

Menggunakan Sabun Menurut WHO

Setelah itu, tuangkan antiseptik atau handwash ke telapak tangan. Anda bisa menggunakan jenis yang padat atau cair. Yang terpenting dalam kandungannya bisa membantu menghilangkan kuman-kuman yang ada di telapak tangan. Saat menuangkannya, usahakan secukupnya saja. Jangan terlalu banyak menuangkan karena akan membuat anda boros memakainya.

2. Gosok atau oleskan handwash ke bagian-bagian telapak tangan

Ketika handwash sudah berada di telapak tangan anda, selanjutnya gosokkan pada telapak tangan, punggung tangan dan juga sela-sela jari. Pastikan semua bagian telapak tangan sudah anda gosokkan dengan handwash ini. Letakkan telapak tangan kanan anda di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya. Lalu letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.

Pastikan seluruh permukaan dan punggung tangan telah anda gosok atau olesi handwash. Kemudian tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar benda pembersih ini mengenai kuku dan pangkal jari. Gosok ibu jari tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya serta gosok jari-jari tangan kanan yang tergenggam di tepak tangan kiri dan sebaliknya. Karena sela-sela jari anda menjadi salah satu tempat bersembunyinya kuman.

Jangan lupa juga membersihkan jempol bagian kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan memutar. Jempol menjadi salah satu bagian jari tangan yang paling aktif untuk melakukan aktivitas. Bersihkan pula bagian ujung jari dengan gerakan menguncup. Tujuannya untuk membebaskan kuku dari kuman-kuman. Karena biasanya di bawah kuku tangan terdapat banyak kotoran yang menempel di dalamnya.

3. Bilas dan keringkan

Langkah yang terakhir adalah bilas tangan dan keringkan. Saat sedang membilasnya usahakan tetap menggunakan air yang mengalir. Agar sabun yang ada di tangan anda hilang bersama dengan air yang mengalir tersebut. Usahakan anda membilasnya hingga ke sela-sela jari yang sudah anda bersihkan tadi. Kemudian baru keringkan tangan anda menggunakan handuk atau tisu yang kering.

Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Menurut WHO

Apabila tidak ada handuk atau tisu maka anda bisa mengeringkannya dengan cara mengebaskan tangan anda atau diangin-anginkan. Anda juga bisa mencari kain lap yang bersih untuk mengeringkannya. Setelah tangan anda kering, maka tangan anda sudah aman dan terbebas dari kotoran. Lakukan cara mencuci tangan ini apabila anda telah menyentuh sesuatu yang kebersihannya masih dipertanyakan.

Dari rangkaian langkah mencuci tangan tersebut, perlu diingat bahwa kuman dapat menyebar ke orang lain saat anda sedang menyentuh wajah anda ketika tangan anda sedang tidak dicuci. Atau saat anda sedang makan dengan kondisi tangan yang tidak dicuci dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, gerakan mencuci tangan ini sangatlah penting bagi anda. Demi menjaga kesehatan dan kebersihan dari berbagai kuman dan virus yang membahayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *