5 Costumer Retention Strategies Yang Manjur Untuk Meningkatkan Penjualan

5 Costumer Retention Strategies Yang Manjur Untuk Meningkatkan Penjualan

Tahukah anda bahwa memiliki pelanggan setia dalam waktu yang lama akan lebih menguntungkan dari pada harus terus mencari pelanggan baru? Anda tentu ingin memastikan bahwa pelanggan yang susah payah anda dapatkan akan tetap kembali dan menggunakan produk yang anda jual. Semua itu bisa anda dapatkan dengan menggunakan kostumer retention marketing. Artikel ini telah mengelompokkan beberapa costumer retention strategies yang menguntungkan untuk anda.

Berikut ini beberapa strategi kostumer retention yang bisa anda coba

1. Peningkatan kualitas layanan pelanggan

Meningkatkan layanan pelanggan atau layanan pengguna adalah satu hal yang sangat penting. Pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pelanggan, dengan begitu kelak pelanggan akan cenderung kembali. Sistem layanan pengguna yang baik akan memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif.

Untuk membuat sistem layanan pengguna yang baik anda perlu memahami lima dimensi kualitas pelayanan. Dimensi tersebut adalah realibility, responsive, empathy, assurance, dan tangible. Dimensi itu menjelaskan tentang kemampuan perusahaan yang mampu dipercaya, tanggap, memahami, meyakinkan, dan nyata terhadap pelanggannya.

5 Costumer Retention Strategies Yang Manjur Untuk Meningkatkan Penjualan

Layanan pelanggan bisa diberikan melalui face-to-face, menggunakan berbagai alat seperti Whatsapp, Livechat, LINE@, Facebook messengger, dll. Yang terpenting adalah layanan komunikasi yang baik kepada pelanggan anda.

2. Kenyamanan dan kepuasan pelanggan

Perlu diperhatikan juga untuk membuat pelanggan merasa nyaman saat membeli produk anda. Sebagai contoh jika anda membuka toko online, pastikan bahwa akun anda mudah diakses dan penggunaannya-pun mudah, meskipun untuk orang awam. Atau jika anda punya toko offline, pastikan pelanggan nyaman dan puas saat datang dan berbelanja di tempat anda.

3. Costumer Royalty Program

Costumer retention strategies yang satu ini, costumer royalti program, dikenal sangat efektif untuk mengangkat frekuensi pembelian oleh pelanggan. Hal ini dikarenakan program ini adalah bentuk apresiasi yang hanya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan setia saja. Apresiasi ini diberikan kepada pelanggan tidak hanya berdasar dari rentang waktu konsumen tersebut menjadi pelanggan, tapi juga dilihat dari pola belanja pelanggan.

Tentu semakin besar pembelian, maka semakin besar juga nilai program yang akan didapat. Semakin sering pembelian, semakin sering juga program diberikan. Besar program yang akan didapat inilah yang kemudian menjadi dorongan pelanggan, untuk terus membeli atau menggunakan produk anda. Beberapa contoh costumer royalty program disekeliling anda adalah program GO-JEK dengan GO-POINTS nya, atau Amazon dengan Amazon Primenya.

4. Mengenal pelanggan lebih baik

Anda perlu mengenal pelanggan anda dengan baik meskipun hanya dengan beberapa info, seperti tanggal lahir, selera produk ataupun wish-list pelanggan. Dengan mengenal lebih baik, anda bisa memberikan informasi-informasi khusus hanya untuk pelanggan setia. Seperti informasi dan promosi lebih awal mengenai produk yang sesuai dengan selera dan wish-list mereka. Bahkan ucapan selamat hari ulang tahun.

5. Berikan promo diskon atau cashback

Promo diskon, cashback atau promo-promo khusus lainnya mampu menarik perhatian setiap pelanggan. Baik pelanggan setia ataupun pelanggan baru. Upayakan untuk memberikan promo dan diskon dengan cara yang menarik, sehingga mereka tidak ragu memanfaatkannya. Memberikan penawaran khusus akan membuat pelanggan merasa lebih istimewa, lebih dihargai dan diakui oleh perusahaan.

Dengan penjelasan dan contoh strategi yang diberikan apakah anda sudah merasa tertarik untuk melakukan costumer retention marketing? Perlu diingat bahwa pelanggan adalah raja. Kualitas, kenyamanan dan kepuasan untuk pelanggan yang bisa anda beri akan sangat penting. Begitu pula dengan program khusus untuk pelanggan setia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat membantu anda mengembangkan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *