4 Loyalty Program Indonesia yang Simpel namun Berkesan

4 Loyalty Program Indonesia yang Simpel namun Berkesan

Loyalty program bisa diartikan sebagai program loyalitas pelanggan atau kesetiaan pelanggan. Program ini kerap kali diberikan oleh perusahaan sebagai upaya untuk menjaga pelanggan tetap bertransaksi dengan perusahaan. Namun perusahaan harus mendesain dengan baik program loyalitas ini. Terutama di Indonesia, dengan semakin kuatnya persaingan, maka perusahaan perlu menerapkan loyalty program Indonesia yang sanggup menarik pelanggan.

Berikut adalah beberapa program loyalti yang menarik dan berkesan yang bisa perusahaan anda lakukan.

1. Loyalti poin

Loyalti poin atau program poin sering kali digunakan oleh banyak perusahaan. Cara penggunaan loyalti poin ini cukup sederhana. Pelanggan yang melakukan transaksi tertentu akan mendapatkan poin, kemudian poin itu akan disimpan dan dikumpulkan. Semakin besar, semakin sering transaksi dilakukan maka akan semakin banyak juga poin yang dikumpulkan oleh pelanggan tersebut.

Poin yang sudah terkumpul nantinya bisa di tukarkan pelaggan dengan berbagai macam hal. Mulai dari berbagai macam produk atau layanan, diskon atau potongan harga begitu juga dengan gratis. Bahkan penggunaan sistem poin ini mungkin juga bisa ditukarkan dengan layanan dari perusahaan lain. Jika perusahaan bisa bekerjasama dengan perusahaan lain, proses penukaran poin ini bisa saling menguntungkan kedua belah pihak.

4 Loyalty Program Indonesia yang Simpel namun Berkesan ini

2. Program Tier atau tingkatan

Program ini bisa menjadi program lanjutan dari program membership, atau pun program tersendiri. Di dalam program membership, pelanggan akan diajak untuk bergabung dengan sebuah klub yang didirikan oleh perusahaan itu sendiri. Anggota dari membership ini akan mendapatkan perlakuan khusus, tawaran menarik, baik berupa diskon atau lainya, yang tidak akan didapat oleh pelanggan non-membership.

Hampir sama dengan program membership, program tier juga memberikan perlakuan khusus, tawaran, diskon atau lainnya kepada membershipnya. Namun yang membedakannya adalah tingkatan membership pelanggan. Sebagai contoh adalah membership Gold adalah membership tertinggi, kemudian Silver, dan chopper. Semakin tinggi tingkatan membership maka akan semakin banyak, atau semakin baik penawaran khusus yang diberikan.

3. Event terbatas

Salah satu loyalty program Indonesia yang bisa diberikan adalah program event terbatas. Program ini bisa diberikan secara individu atau secara umum. Secara umum program ini bisa diberikan di event musiman atau even tahunan. Pada saat-saat tertentu itulah perusahaan dapat memberikan keuntungan untuk pelanggan dengan adanya diskon, potongan harga, free service, dan lain-lain. Event ini hanya bisa didapatkan oleh pelanggan yang sudah menjadi pelanggan setia saja.

Jika diberikan secara individu, perusahaan bisa memberikan pelanggan keuntungan pada moment spesial pelanggan tersebut. Seperti contohnya, pemberian diskon khusus atau gratis layanan saat ulang tahun mereka. Tentu sebagai pelanggan setia, perusahaan wajib mengetahui dan memiliki informasi dasar mengenai pelanggan tersebut. Dengan menggunakan program ini, pelanggan akan merasa lebih diperhatikan dan dipedulikan oleh perusahaan.

4. Kemitraan

Yang dimaksud dengan program kemitraan ini adalah pelanggan diberikan kesempatan untuk menjadi mitra kerja perusahaan dan menggunakan produk secara bersamaan. Pelanggan diberikan wewenang untuk menyebarluaskan dan memasarkan produk dari perusahaan, meng-endorse produk, untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Tentu saja untuk melakukan ini perusahaan harus siap memberikan insentif, hadiah menarik, atau mungkin akses khusus kepada pelanggan.

Kelima contoh program loyalti diatas bisa menjadi contoh program loyalti untuk perusahaan anda. Sebagai kesimpulan, dengan menggunakan program loyalti yang baik dan benar, meskipun tidak terlalu berlebihan, memungkinkan pelanggan untuk kembali dan meningkatkan transaksi di perusahaan anda. Semoga informasi ini mampu memberikan gambaran dan contoh tentang program loyalti, yang kemudian bisa diterapkan di perusahaan anda. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *